Depresi/vistapsych.com
Fashion

7 Cara Mengatasi Depresi

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 9 Desember 2014 - 13:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ada banyak hal yang dapat dilakukan jika Anda merasa tertekan. Sangat penting untuk diingat bahwa, merasa tak berdaya dan kehilangan motivasi adalah gejala umum dari depresi!

Ribuan orang terkena depresi setiap harinya.

Dan yang lebih parahnya, depresi ini mempengaruhi orang-orang dari berbagai usia dan jenis kelamin. Jika Anda menderita depresi, Anda mungkin memiliki efek samping seperti  sulit tidur atau justru sebaliknya tidur terlalu banyak, kehilangan atau bertambah berat badan, merasa terisolasi dan kesepian.

Memang tidak mungkin untuk melawan Depresi, namun di artikel ini akan membahas beberapa hal dapat Anda lakukan guna meringankan perasaan depresi Anda dilansir dari Allwomenstalk  :

1. Menerima Apa yang Sedang Anda alami

Hal pertama yang harus dilakukan jika Anda merasa tertekan adalah menerima keseluruhan perasaan Anda, dan percaya bahwa itu adalah normal. Banyak orang yang berusaha menolak perasaan tersebut dan nyatanya itu tidak baik bagi kesehatan mental mereka.

Tidak apa-apa jika Anda tidak ingin memberitahu orang-orang bahwa Anda sedang tertekan, tapi ingat bahwa ribuan orang pasti pernah merasa seperti  yang Anda rasakan. Secara statistik, kemungkinan Anda akan tahu beberapa  orang adil yang tahu persis apa yang Anda alami merasa tertekan  bukan sesuatu yang memalukan.

2. Berbicara dengan Orang  lain

Selanjutnya, menemukan seseorang yang Anda dapat berbagi dengannya. Setelah melakukan tahap ini Anda akan merasa sedikit berbeda dari sebelumnya. Dengan memberi tahu orangtua Anda, Anda akan merasa lebih terpelihara dan aman.

Selain itu teman atau saudara juga bisa menjadi pendengar yang baik. Jangan khawatir jika Anda tidak yakin apa yang harus dikatakan. Anda bisa menyampaikan pesan  secara pribadi, melalui teks, di telepon, email atau pesan suara - Anda hanya perlu untuk memberitahu mereka bagaimana perasaan Anda dan meminta dukungan dari mereka.

3. Atur Target

Anda mungkin merasa ingin menghabiskan waktu seharian di tempat tidur, atau berpikir tidak jelas dan mengambang atau menonton acara  TV seharian. Depresi cenderung menguras semangat Anda dan membuat Anda merasa seperti tidak ingin melakukan apa-apa.

Lawan! Mulai dengan sesuatu yang mudah - tuliskan satu atau dua target yang dapat Anda capai hari ini. Membaca buku, pergi berjalan-jalan, memiliki pancuran. Besok, lakukan lagi hal tersebut.

Ketika Anda berhasil  melakukan hal-hal itu secara berulang yakinlah Anda akan merasa lebih baik karena jika Anda tidak, Anda bisa tenggelam dalam depresi lebih lanjut.

4. Atur Jadwal Tidur Anda
Apapun cara Anda dalam menghadapi  depresi, Anda tetap harus mengatur jadwal tidur Anda dengan ketat. Jika Anda tidur terlalu banyak, aturlah alarm agar Anda terbangun tepat waktu. Jauhkan diri dari tidur siang.

Jika Anda tidur terlalu sedikit, cobalah memulai rutinitas tidur - mandi, membaca dan tidur. Jika itu tidak membantu Anda,  berbicaralah dengan dokter Anda.

5. Tidak Mendramatisir

Ketika Anda mengalami depresi, Anda benar-benar tidak perlu untuk mendramatisir. Beberapa orang disekeliling Anda  mungkin terlalu baik dengan memberi perhatian kepada Anda sehingga Anda betah berlama-lama dalam depresi.

Anda tidak perlu orang-orang seperti itu dalam hidup Anda sekarang, dan menjaga mereka di dalamnya hanya akan membuat perjuangan Anda  untuk keluar dari zona depresi lebih sulit.

6. Dapatkan Bantuan

Jika Anda masih tidak merasa baikan, maka itu waktunya untuk mencari bantuan profesional. Langkah pertama bisa dari dokter Anda, yang akan membantu Anda  memahami bagaimana perasaan Anda.

Anda kemudian dapat mengikuti berbagai perawatan, dari obat yang akan membantu Anda untuk tidur dengan antidepresi atau terapi. Anda bahkan mungkin mendapatkan kombinasi dari ketiganya.

7. Keluarkan Depresi Anda

Latihan fisik akan memicu hormon yang akan mengangkat depresi Anda. Satu-satunya masalah adalah menggerakan otak Anda yang awalnya tidak ingin melakukan apa-apa, Serta melepaskan endorfin, yang akan membakar stres dan merasa kuat.

Cari cara latihan yang dapat Anda akukan hampir setiap hari seperti jalan cepat, lari,tinju, melakukan atau melakukan latihan lebih santai seperti Yoga. Anda bahkan bisa bermain bola jaring atau tenis meja atau apa pun yang membuat Anda bergerak. (allwomenstalk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Sumber : allwomenstalk
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro