Cabai/medicaldaily.com
Health

Makanan Pedas Bikin Testosteron Pria Naik

Nancy Junita
Rabu, 17 Desember 2014 - 06:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Tingkat hormon testosteron yang lebih tinggi ditemukan pada pria yang mengonsumsi makanan pedas seperti dilansir Medicaldaily.com, Selasa (16/12/2014).

SIMAK: Ini Penyebab Wanita Puerto Rico, Jennifer Lopez, Manusia Sempurna di Muka Bumi

Sangat mudah untuk melihat mengapa orang menghindari makanan pedas. Tidak nyaman, bahkan menyakitkan untuk dimakan. Tapi, ada sesuatu yang menarik dalam makanan pedas. Konsumsi makanan pedas ibarat menggigit rollercoaster.

Jika Anda seorang pria dan sanggup mengonsumsi makanan pedas, maka Anda  memiliki kadar testosteron lebih tinggi. Demikian hasil studi  para peneliti di Perancis dari Universitas Grenoble. Mereka melakukan penelitian dengan judul "Some Like It Hot."

Untuk menguji korelasi ini, peneliti  merekrut 114 pria berusia 18-44 tahun, dan menanya mereka apakah lebih suka makanan pedas atau tidak, kemudian responden diberi makan kentang tumbuk. Ada yang dipadukan dengan saus pedas dan merica, juga ada yang hanya dicampur garam. Lalu, peneliti mengukur  kadar testosteron dalam air liur mereka. Pria dengan testosteron paling tinggi ditemukan pada pria yang suka kentang pedas.

"Hasil ini sejalan dengan banyak penelitian yang menunjukkan hubungan antara testosteron dengan  keuangan, seksual, dan perilaku pengambilan risiko," kata Laurent Begue, seorang penulis studi tersebut, kepada The Telegraph.

"Dalam hal ini, berlaku untuk risiko mengambil  rasa."

Testosteron adalah hormon steroid yang diproduksi dalam jumlah besar pada pria, dan bertanggung jawab untuk massa otot, kekuatan, kepadatan tulang; pematangan organ seks, pendalaman suara, dan pada dasarnya segala sesuatu yang dialami laki-laki selama masa pubertas.

Tim peneliti juga berspekulasi bahwa makanan pedas bisa memiliki efek memperkuat, karena  meningkatkan testosteron, namun  efek ini hanya terlihat pada tikus.
Para peneliti mencatat bahwa mungkin ada dua alasan lain untuk temuan ini yaitu: para pria dengan testosteron tinggi bisa saja tertarik dengan saus pedas karena warna merah yang bersifat agresif (studi telah menemukan hubungan antara keduanya) atau mungkin responden  dibesarkan dengan  makanan pedas. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

RAMALAN SHIO 2015: Shio Ayam, Jangan Takut Dianggap Pelit

SULIT PUNYA ANAK: Bayi Tabung Solusi Masalah Gangguan Kesuburan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Bisnis.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro