Ilustrasi/Thedailymba
Relationship

5 Hal Ini Dapat Halangi Anda Jadi Manajer Hebat

Andhina Wulandari
Jumat, 19 Desember 2014 - 15:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Saat diangkat menjadi manajer, Anda tentu tidak mau menjadi manajer yang biasa-biasa saja. Namun, untuk menjadi seorang manajer hebat Anda harus punya sikap kepemimpinan dan sisihkan sikap-sikap yang bisa menjadi penghalang.

Berikut ini adalah beberapa sikap yang dapat menghalangi Anda menjadi seorang manajer hebat.

1. Ego diri sendiri

Saat diangkat menjadi manajer, tanpa disadari ada sikap percaya diri yang kadang bisa beralih menjadi arogan. Apakah posisi itu Anda dapat melalui kerja keras atau keberuntungan semata, jangan sampai ego mengalahkan segalanya.

Anda harus bisa bersikap rendah diri, mau mendengarkan masukan dari bawahan, dan akui jika ada hal yang tak Anda ketahui. Para bawahan pun akan lebih menghormati Anda.

2. Tak punya keahlian

Seperti halnya dalam setiap pekerjaan, jika Anda berada di posisi manajerial, Anda juga butuh keahlian tertentu yang harus dikembangkan.

Kadang keahlian itu baru dipelajari begitu Anda mulai bekerja sebagai manajer dan kesalahan mungkin terjadi. Tapi jangan jadikan itu sebagai penghalang, sebaliknya selalu pelajari setiap kesalahan agar tak diulangi lagi.

3. Gagal mendengarkan

Anda mungkin tidak selalu punya jawaban untuk semua pertanyaan, karena itulah Anda punya karyawan yang berada di bawah. Maksimalkan kerja mereka dengan membiarkan mereka untuk menyampaikan pendapat. Setiap masalah bisa diatasi dengan mendapat masukan dari diskusi bersama tim.

4. Anda tidak mengerti pekerjaannya

Masih banyak manajer yang mengerjakan tugas yang harusnya diselesaikan bawahannya. Ini artinya, Anda tidak mengerti pekerjaan Anda sesungguhnya apa.

Tugas Anda adalah untuk mengarahkan tim di bawah Anda untuk dapat mengerjakan pekerjaan dengan tepat. Anda pun harus tahu bisa menugaskan siapa untuk pekerjaan Apa. Tentu saja selain itu Anda kemungkinan punya tugas untuk penganggaran, perencanaan, perekrutan, dan lainnya.

5. Kurang sensitif

Banyak orang menyangka untuk menjadi manajer, Anda harus menjadi orang yang kuat dan kadang terkesan kaku. Tapi jika Anda kurang sensitif dalam menghadapi orang lain, maka Anda akan gagal.

Bawahan Anda mungkin mengerjakan hal yang sama, tapi bukan berarti hasilnya akan sama. Anda harus bisa menyesuaikan pendekatan Anda ke tiap-tiap orang. Intinya, Anda harus bisa mendapatkan hasil maksimal dari setiap orang, serta mendorong mereka untuk bekerja semaksimal mungkin. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

TIPS CANTIK: 5 Ide Makeup Saat Anda Sedang Bosan

Petualangan Terakhir Bilbo di The Hobbit: The Battle of the Five Armies

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Careerrocketeer/Ehow
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro