Manfaat menghindari makan malam/boldsky.com
Health

4 Manfaat Menghindari Makan Malam Terlalu Larut

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 23 Desember 2014 - 16:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ada banyak orang mengatakan jika ingin menurunkan berat badan, cobalah hindari makan malam.

Anggapan ini mungkin ada benarnya, karena makan menjelang tidur bisa menimbun lemak karena aktivitas tubuh sudah berkurang saat orang tidur.

Tapi sebenarnya, ada beberapa keuntungan untuk kesehatan menghindari makan malam dan tidur lebih awal bagi siapapun.

Kehidupan modern telah banyak berubah dan gaya hidup, dan membuat pola hidup manusia tidak menentu. Macetnya jalanan membuat orang terlambat tiba di rumah, dan terpaksa makan malam di atas jam 8 malam. Padahal ini bisa memberi dampak buruk jika Anda makan terlalu malam.

BACA JUGAIni 5 Alasan Rasional untuk Memulai Bisnis Sendiri 

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang akan memotivasi Anda untuk makan lebih awal dan tidur lebih awal.

Dapat menghindari asam lambung naik

Jika Anda makan makanan berat sebelum tidur, Anda akan merasa tidak nyaman saat Anda berbaring di tempat tidur Anda. Juga, asam lambung naik dan mereka mengganggu Anda menyebabkan membakar hati. Untuk menghindarinya, lebih baik untuk makan malam sebelum 20:00 malam.

Aktivitas tubuh lebih seimbang

Setelah makan, perut Anda umumnya sibuk mencerna makanan Anda. Pola tidur Anda mungkin akan terpengaruh jika Anda mencoba untuk tidur dengan perut penuh. Jika Anda mempertahankan batas waktu setidaknya satu jam antara makan malam dan waktu tidur Anda, maka Anda akan dapat tidur dengan nyaman.

Dapat menghindari obesitas
Penelitian menunjukkan bahwa makan malam dan obesitas sangat terkait. Mungkin karena setelah makan malam biasanya perut lebih lelah mencerna makanan dan metabolisme Anda melambat selama waktu itu.

Untuk meningkatkan metabolisme Anda, pastikan Anda mengonsumsi makanan kecil sepanjang hari, dan makan malam berakhir bahkan sebelum 08:00 malam.

Dapat menghindari makan berlebihan

Salah satu alasan yang baik untuk tidak makan malam adalah untuk menghindari over konsumsi. Jika Anda terlalu lapar, Anda tidak bisa mengendalikan nafsu Anda. Terutama, ketika jarak antara makan siang dan makan malam yang terlalu jauh. Anda akan jelas berakhir makan berlebihan saat makan malam karena Anda cenderung terlalu lapar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro