Ini 10 Kelompok Rancangan dalam Pameran Didi Budiardjo

Didi Budiardjo akan menghadirkan seluruh karyanya selama bergelut di bidang fashion, lewat sebuah pameran bertajuk Pilgrimage yang digelar di Museum Tekstil, 15-25 Januari 2015. Berikut ini pengelompokkan karyanya.
Fitri Rachmawati | 07 Januari 2015 15:57 WIB
Ilustrasi-Koleksi busana rancangan Didi Budiardjo - Tim Muara Bagdja

Bisnis.com, JAKARTA- Perancang terkenal Didi Budiardjo akan menghadirkan seluruh karyanya selama bergelut di bidang fashion, lewat sebuah pameran bertajuk Pilgrimage yang digelar di Museum Tekstil, 15-25 Januari 2015.

Dalam pameran itu, Didi berusaha mengajak pengunjungnya berkelana di setiap ruangan museum yang menghadirkan koleksi dalam kelompok yang berbeda.

Menurut Didi, dalam konferensi pers yang digelar Rabu (7/1/2015), setiap ruang-ruang di museum itu dianalogikan sebagai kotak-kotak berisi kenangan.

Dari tahun produksi busana tertera pada setiap baju yang akan dipamerkan. Benda dipamerkan ke dalam ruang-ruang yang dikelompokkan berdasarkan warna dan jenis busana.

Berikut ini pengelompokannya.

1. The Atelier

Merepresentasikan dari sebuah ide mulai digarap. Ruang ini akan dipenuhi sketsa, foto-foto, tumpukan buku-buku, mood board, dan semua langkah awal sebuah busana diciptakan.

2. The Reflection

Sajian busana koleksi awal perjalanan sang perancang termasuk di dalamnya foto-foto semasa sekolah, piagam, dan piala ketika memenangkan lomba perancang busana.

3. The White Forest

Ruangan ini nantinya akan berisi segala koleksi busana-busana berwarna putih.

4. The moonless

Dalam ruangan ini nantinya akan dipamerkan baju serba hitam menjadi yang menjadi ilham ruang ini.

5. The Gula Kelapa

Inspirasi ruangann ini datang dari bendera kerajaan Majapahit (merah putih) dan didedikasikan untuk menampilkan kebaya dan batik. Seluruhnya kebaya nyonya atau kebaya renda putih, dipadankan dengan ragam batik berwarna putih.

6. The Eastern

Dalam ruangan ini dipenuhi karya-karya dengan nuansa China dan Jepang yang terasa kental di dua ruang yang disatukan ini. Terwujud karya bernama orientalisme yang pernah dipamerkan di Rusia bersama rombongan budaya di bawah naungan Departemen Pariwisata dan Kebudayaan.

7. The Gleaming Lights

Berisi baju-baju sulam embroidery kumpulan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Yayasan Sulam Indonesia (YSI) dan disponsori oleh Perusahaan Gas Negara (PGN) yang pernah dipamerkan dalam Embroidery Fashion Festival di Jakarta.

8. The Birds

Menghadirkan tiga gaun dengan detail bulu-bulu dan disisipkan juga dua buah karya desainer aksesori Rinaldi A. Yunardi.

9. The Day Before

Dalam ruangan ini merupakan replika sebuah ruang belakang panggung seperti tengah mempersiapkan sebuah peragaan. Koleksi busana dengan warna merah akan dihadirkan di sini.

10. The Gazing Room

Selain baju dan wastra koleksi pribadi Didi, akan dipamerkan juga kain-kain Nusantara koleksi Museum Tekstil.

“Melalui pameran ini saya ingin memberikan embrio dan penyemangat bagi peminat mode terutama kaum muda untuk semakin dapat mengenal dan ikut peduli pada pentingnya pengarsipan sebuah karya dalam upaya melestarikan dunia mode di Indonesia," ujar Didi. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

3 Kebiasaan Buruk Keuangan yang Merupakan Faktor Genetis

5 Cara Tampil Modis dengan Busana Rajut

Tag : pameran, fashion
Editor : Andhina Wulandari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top