Ilustrasi/Idiva
Relationship

3 Kebiasaan Buruk Keuangan yang Merupakan Faktor Genetis

Andhina Wulandari
Rabu, 7 Januari 2015 - 11:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Ternyata faktor genetis juga bisa mempengaruhi kebiasaan Anda dalam mengatur keuangan. Tak jarang pula, faktor tersebut menimbulkan kebiasaan buruk yang selama ini sepertinya sulit untuk Anda hindari.

Kenali beberapa kebiasaan buruk keuangan yang merupakan faktor genetis, seperti dikutip dari laman LearnVest.

Banyak pengeluaran

Jika Anda punya kebiasaan senang berbelanja dan pengeluaran Anda selalu banyak setiap bulannya, bisa jadi ini merupakan keturunan dari keluarga.

Menurut penelitian yang dilakukan Hersh Shefrin dalam laporan Chase Blueprint, hanya 25 persen orang lahir dengan gen yang mampu membuat Anda imun dari godaan untuk belanja.

Tapi jangan kemudian membuat alasan dan tetap menghambur-hamburkan uang, karena tetap ada cara bagi Anda untuk mengerem keinginan belanja.

Investasi di satu tempat

Seorang profesor di bidang keuangan dari University of Washington Foster School of Business, Stephan Siegel, menjelaskan bahwa ada kemungkinan seseorang untuk melakukan investasi di satu tempat.

Hal tersebut juga merupakan faktor genetis, karena ada kecenderungan orang untuk tidak berani melakukan diversifikasi dalam hal investasi, di mana hal itu terpengaruhi kebiasaan dalam keluarganya.

Ambil risiko besar

Ada pula kecenderungan untuk mengambil investasi berisiko besar yang didapat dari faktor genetis. Menurut Siegel, para peneliti telah mengidentifikasi gen-gen tertentu yang tampaknya memprediksi kesediaan orang tertentu untuk berani mengambil risiko.

Sayangnya, terlalu berani mengambil risiko besar juga bisa berpengaruh buruk pada investasi Anda. Ketika risiko itu terlihat besar, maka Anda pun harus memikirkan matang-matang sebelum ambil keputusan. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Koleksi Tory Burch Spring 2015 Hadir di Jakarta

6 Cara Bergaya dengan Marsala, Tren Warna 2015

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : LearnVest
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro