Otak/cbsnews.com,au
Health

Belajar Bahasa Kedua Tingkatkan Kemampuan Otak

Nancy Junita
Rabu, 14 Januari 2015 - 04:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Belajar bahasa kedua pada saat berusia sekitar 10  tahun dapat meningkatkan kemampuan otak. Demikian studi baru yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences dari Amerika Serikat.

Menurut Medindia.net, Selasa (13/1/2015), peneliti mempelajari scan otak dari 20 orang yang berusia sekitar 30 tahun, tinggal di Inggris setidaknya 13 bulan; dan semua  responden mulai belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua di usia 10 tahun. Hasil analisis pencitraan otak  responden  dibandingkan dengan scan otak 25 orang pada usia yang sama yang berbicara hanya Bahasa Inggris.

Peneliti menemukan  orang-orang yang mulai belajar Bahasa Inggris di usia 10 tahun, berarti mereka mendengar dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, menunjukkan perbaikan dalam struktur materi putih otak dibandingkan orang-orang yang dibesarkan berbicara hanya dengan  Bahasa Inggris dan tidak belajar bahasa kedua.

Tingkat yang lebih tinggi dari integritas struktural terlihat di daerah otak yang bertanggung jawab untuk belajar bahasa dan pengolahan semantik.

Peneliti Christos Pliatsikas dari University of Kent School of Psychology, mengatakan "pemakaian lebih dari satu bahasa sehari-hari, berfungsi sebagai stimulasi kognitif intensif bermanfaat untuk struktur otak yang berhubungan dengan bahasa tertentu dengan menjaga integritas , dan karena itu melindungi terhadap penurunan usia yang lebih tua.” (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Inilah Lurah Muda & Cantik, Nurmala, dari Gorontalo

Di Restoran Ini Wanita Cantik Gratis Makan & Minum

Di Restoran Ini Wanita Cantik Gratis Makan & Minum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : medindia.net
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro