Ilustrasi/Linkedin
Relationship

4 Cara Cerdas Promosikan Diri Saat Wawancara Kerja

Andhina Wulandari
Kamis, 22 Januari 2015 - 12:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Wawancara kerja merupakan saat paling tepat untuk mempromosikan diri Anda pada perusahaan tempat Anda melamar. Berikut ini beberapa cara terbaik untuk melakukannya, seperti dilansir laman 29Secrets.

“Coba ceritakan tentang diri sendiri”

Pertanyaan ini sepertinya akan memberi tekanan pada Anda, tapi jangan khawatir karena ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempromosikan diri. Mulailah dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman Anda bekerja. \

Jika belum ada pengalaman bekerja, ceritakan pengalaman organisasi atau kegiatan yang biasa Anda lakukan selama kuliah. Pilih kegiatan yang sekiranya sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

“Apa kekuatan atau kelebihan Anda?”

Jangan takut untuk terkesan meninggikan diri sendiri, karena pewawancara menginginkan pekerja yang terlihat percaya diri. Agar tidak terlihat sombong, maka ceritakan kelebihan Anda itu beserta dengan buktinya.

Misalnya, Anda menceritakan bahwa Anda adalah tipe orang yang selalu menyelesaikan pekerjaannya dengan hasil maksimal. Lalu berikan contoh berupa proyek-proyek yang pernah Anda lakukan di perusahaan terdahulu.

“Apa kekurangan Anda?”

Dalam hal ini Anda harus jujur, jangan sampai Anda mengatakan bahwa diri Anda tak punya kekurangan. Perusahaan tidak mencari orang yang sempurna, mereka justru mencari orang yang sadar akan kekurangannya dan berusaha untuk memperbaikinya. Supaya kekurangan Anda tak terkesan buruk di mata pewawancara, maka tunjukkan pula cara yang Anda lakukan untuk meminimalisir kekurangan Anda itu.

“Kenapa kami harus menerima Anda?”

Ini merupakan pertanyaan yang sulit dijawab. Setelah Anda menjelaskan tentang kelebihan dan pengalaman kerja Anda, maka kini saatnya tunjukkan apa yang membuat Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut. Pewawancara akan terkesan jika melihat pelamar yang punya minat besar pada perusahaan. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Suho EXO Kenang Kisah Perjalanan Karirnya

Vokalis Band 1975 Bantah Pacaran dengan Taylor Swift

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : 29Secrets
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro