6 Tipe Atasan Yang Harus Anda Kenali

6 Tipe Atasan Yang Harus Anda Kenali
Mia Chitra Dinisari | 02 Februari 2015 11:02 WIB
6 tipe atasan - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA—Salah satu tokoh kunci di kantor yang tidak dapat dihindari adalah atasan atau bos Anda. Sangat mudah untuk berhenti berkomunikasi dengan rekan-rekan jika Anda tidak menyukai mereka, tapi tidak sama halnya jika Anda tidak menyukai bos Anda.

Meski demikian, ada beberapa tipe atasan dan bos yang umumnya ada di perusahaan manapun. Karenanya, sebelum Anda bekerja sebaiknya Anda mengenal siapa dan bagaimana karakter bos Anda. Hal ini, dapat membantu mempermudah pekerjaan Anda, dan membuat Anda cepat menyesuaikan diri dengannya.

Berikut beberapa tipe atasan yang umum ada seperti dilansir timesofindia.com:

Tanggung jawab

Tipe atasan yang bertanggung jawab pada pekerjaan dan juga anak buahnya. Dia selalu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan menjadi panutan dari anak buahnya, bahkan siap membela jika anak buahnya memang dirasa benar. Dia tahu bagaimana untuk menyelesaikan sesuatu tepat waktu dan hasilnya pun biasanya menggembirakan. Dengan demikian, manajemen tidak akan melepaskan dia dan mempertahankannya.

Kejam

Anda membencinya dari Hari 1. Bos akan memamerkan penunjukan nya di setiap kesempatan yang diberikan. Anda merasa seperti tidak ada dan seperti budak. Dia tidak akan pernah menyetujui daun atau membantu Anda jika ada krisis di tempat kerja. Jangan berharap dia bersimpati dengan Anda bahkan jika ada keluarga darurat, karena dia akan tetap meminta Anda datang ke kantor.

Friendly

Dia adalah jenis bos impian setiap karyawan. Dia bagus, pengertian, dan mungkin juga menawarkan bantuan bila diperlukan. Dia orang yang Anda dapat andalkan untuk apa pun. Dia orang yang bahkan dapat melakukan pekerjaan atas nama Anda ketika pekerjaan numpuk. Dia akan mencari jalan keluar untuk membantu Anda. Dia lebih seperti teman daripada bos dan itu menyenangkan, dan Anda nyaman berada dekatnya di kantor.

Profesional:

Dia memimpin dengan contoh dan perilaku pribadinya. Atasan semacam ini, tidak akan meminta Anda untuk tepat waktu, tetapi akan membuat Anda malu dengan datang pertama dan meninggalkan kantor paling terakhir. Dia tahu bagaimana untuk menanamkan disiplin dalam tim. Dia seorang profesional sejati. Dia bisa menyenangkan dan pada saat yang sama tahu di mana untuk menjadi profesional.

Robot

Semua yang ia bisa memikirkan pekerjaan dan hanya bekerja. Bahkan jika Anda kebetulan bertemu dengannya di luar kantor, ia mungkin berakhir meminta Anda tentang laporan tertunda. Dia hanya berhubungan dengan Anda seputar masalah pekerjaan. Mekanisme dirinya disetel untuk melaksanakan tanggung jawab dan mengharapkan hal yang sama dari Anda juga. Kerja adalah prioritas dan Anda akan jarang melihat dia membahas hal lain dalam hidup.

Egois

Dia egois dan semua tentang dirinya. Dia seringkali mengklaim pekerjaan Anda hasil karyanya. Anda gagal untuk mendapatkan pengakuan untuk pekerjaan Anda, tetapi Anda justru membantunya menaikkan karirnya di perusahaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
karir

Sumber : times of India

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top