Ilustrasi/Barbaraberg
Relationship

5 Cara Melepaskan Kemarahan yang Terpendam

Andhina Wulandari
Kamis, 5 Februari 2015 - 15:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Memiliki emosi yang meledak-ledak memang bisa menganggu, tapi menyimpan kemarahan tanpa mengeluarkannya pun bisa menghancurkan diri Anda dari dalam.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan kemarahan yang terpendam.

1. Ambil napas panjang

Ketika Anda merasa emosi sudah berada di puncaknya, maka sebaiknya pergilah menjauh dari sumber kemarahan dan ambil napas panjang. Hitung beberapa detik sambil berusaha menenangkan hati Anda. Mungkin hal ini malah menunda penyelesaian masalah, tapi akan lebih baik daripada kemarahan Anda keluar dan makin merusak situasi.

2. Berolahraga

Lampiaskan kemarahan terpendam Anda dengan berolahraga. Pilihlah olahraga yang paling Anda sukai, misalnya berjalan kaki, jogging, renang, atau yoga. Tak hanya baik bagi kesehatan fisik, olahraga juga melepaskan hormon endorfin yang bisa memberikan perasaan nyaman dan tenang.

3. Jangan bicara sebelum berpikir

Hati-hati saat Anda memiliki kemarahan terpendam, Anda pun jadi cenderung bicara tanpa berpikir. Akibatnya, orang lain bisa tersinggung atau situasi yang buruk bisa menjadi makin parah.

4. Gunakan kreativitas

Selain berolahraga, Anda bisa menggunakan kreativitas sebagai pelampiasan kekesalan Anda. Melukis, mendekorasi ulang kamar, atau bermain musik bisa menjadi beberapa kegiatan alternatif untuk mengalihkan pikiran Anda dari rasa marah. Cara ini juga bisa membuat Anda lebih tenang dan akhirnya berpikir lebih jernih.

5. Meditasi

Kadang Anda hanya membutuhkan waktu berkualitas sendirian dalam keheningan. Karena itu, cobalah bermeditasi dengan memfokuskan pikiran pada satu hal dasar, misalnya bernapas teratur. Carilah tempat sepi, bisa juga mendengarkan musik lembut atau suara air mengalir, kemudian duduk tenang sambil bermeditasi. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

7 Tas Ikonik yang Dinamakan Berdasarkan Selebriti

Taylor Swift Torehkan Sejarah di Tangga Album Billboard

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Youqueen
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro