Gigi berlubang/boldsky
Health

Berikut Obat Alami Untuk Mengatasi Masalah Gigi Berlubang

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 6 Februari 2015 - 14:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Gigi berlubang pastilah sangat menyiksa. Rasa nyut-nyutan, ngilu, dan bengkak adalah bagian daripada dampak gigi berlubang.

Dan terlebih lagi, akan sangat sulit bagi Anda melakukan aktivitas jika mengalami gigi berlubang. Makanpun terasa sulit dan tersiksa. Salah satu caranya adalah segera menyembuhkannya dan konsultasi ke dokter.

Namun jika Anda merasa takut pergi ke dokter ada cara alami yang bisa mengatasi masalah tersebut. Gigi berlubang terbentuk pada permukaan gigi Anda karena pembusukan. Jika Anda membiarkan mulut Anda menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri, kerusakan gigi akan menimbulkan banyak masalah.

Karenanya pastikan Anda memeriksakan secara teratur kesehatan gigi Anda. Namun, untuk pencegahannya ada beberapa tips yang bisa dilakukan berikut ini:

Air garam
Sebagian besar dari kita pernah mencoba salah satu pengobatan rumah untuk gigi berlubang berikut ini. Tuangkan beberapa sendok garam ke segelas air dan berkumur sekali atau dua kali. Cara ini memastikan bahwa rongga Anda benar dibilas dengan air garam.

Pakai obat kumur

Menggunakan obat kumur yang mengandung flouride adalah cara yang baik. Kerusakan gigi juga dapat terjadi karena kurangnya mineral tertentu. Jika itu terjadi, maka obat kumur pasti membantu.

Minyak Cengkeh

Cobalah obat ini ketika Anda mengalami gigi berlubang. Masukkan minyak dalam gigi yang berlubang dan pijat-pijat pelan.

Minyak Sayur

Berkumur dengan minyak sayur juga baik untuk mengatasi gigi berlubang. Ini akan membantu Anda menyingkirkan rasa sakit dan juga infeksi. Ambil beberapa sendok makan minyak dan bilas mulut Anda selama beberapa menit sebelum meludahkannya.

Mustard Oil

Ambil sedikit minyak mustard dan tambahkan garam batu, campurkan dan tempelkan ke bagian yang berlubang. Kemudian berkumurlah hingga bersih.

Alkohol

Celupkan kain dalam segelas alkohol (campuran wiski, vodka dan gin juga bisa digunakan) dan tempelkan kain pada gigi berlubang sebagai kompres.

Vanilla Essence

Beberapa orang menggunakan esensi vanili sebagai obat kumur untuk menyingkirkan sakit gigi akibat gigi berlubang, dan cara ini juga cukup efektif.

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu makanan yang paling bergizi dan ajaib yang tersedia di planet ini. Dengan kandungan anti bakterinya, bawang putih bisa membuat sakit karena gigi berlubang menjadi berkurang.

Permen karet

Mengunyah permen karet membantu Anda dalam dua hal. Pertama, membantu dalam memproduksi air liur dan juga membantu dalam menghilangkan sisa-sisa makanan dari sudut-sudut gigi. Tapi pilihlah permen karet yang bebas gula.

Teh

Beberapa sumber mengatakan bahwa teh hijau dan teh hitam dapat membantu dalam membunuh kuman di mulut dan mengurangi plak.

Minyak ikan cod

Cod Liver Oil mengandung vitamin tertentu (A, D, K) yang baik untuk kesehatan gigi. Minyak ini juga tersedia dalam bentuk suplemen. Mengkonsumsi mereka dapat membantu sebagai obat rumahan karena gigi berlubang.

Tea Tree Oil

Minyak ini melakukan pekerjaan yang baik dengan mencegah pembusukan gigi. Cukup pijat gigi dengan minyak ini dan menggunakan air hangat untuk membilas gigi Anda. Ini adalah salah satu solusi alami untuk gigi berlubang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro