Ilustrasi/Idiva
Relationship

5 Cara Hadapi Penolakan Saat Melamar Kerja

Andhina Wulandari
Senin, 9 Februari 2015 - 18:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Dalam proses mencari pekerjaan, ada kalanya Anda mendapat penolakan, meski Anda sudah merasa cocok dengan pekerjaan atau perusahaan yang Anda lamar tersebut.

Jangan bersedih hati dan lakukan beberapa cara untuk menghadapi penolakan saat melamar pekerjaan berikut ini.

1. Jangan dimasukkan ke hati

Saat Anda mulai mencari kerja, ketahui bahwa penerimaan dan penolakan adalah bagian dari sebuah proses. Meski penolakan itu menyakitkan, jangan dimasukkan ke dalam hati. Mungkin Anda ditolak bukan karena performa kerja Anda, melainkan karena perusahaan memiliki kriteria yang berbeda.

2. Fokus pada kekuatan Anda

Daripada terlalu fokus pada kelemahan yang membuat Anda ditolak, lebih fokus konsentrasi pada kelebihan dan kekuatan Anda. Kenali apa yang bisa Anda ‘jual’ kepada perusahaan, kemudian carilah perusahaan yang memang membutuhkan keahlian Anda itu.

3. Tanyakan diri sendiri

Saat Anda ditolak oleh sebuah perusahaan, jangan kemudian marah dan menyalahkan diri Anda sendiri. Lebih baik, belajarlah dari pengalaman. Pelajari apa yang menurut Anda lemah. misalnya Anda merasa sering bicara terbata-bata saat wawancara, jadi lain kali cobalah untuk berlatih wawancara terlebih dulu.

4. Anda tidak sendiri

Bukan hanya Anda yang pernah ditolak. Banyak pula calon pekerja yang merasakannya. Bahkan dalam perusahaan yang menolak Anda, bisa jadi dari 100 orang yang melamar hanya ada lima orang yang diterima.

5. Lanjutkan hidup

Jangan membiarkan penolakan itu membuat Anda sedih berlarut-larut. Lakukan kegiatan yang bisa menyegarkan pikiran, seandainya Anda  masih merasa sedih akibat penolakan itu. Selanjutnya, lebih baik Anda mulai berburu pekerjaan lainnya yang lebih cocok untuk Anda. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

5 Busana Terbaik di Karpet Merah Grammy Awards 2015

Taylor Swift & Iggy Azalea Pulang dengan Tangan Kosong dari Grammy 2015

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Magforwomen/Ehow
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro