Mual selama kehamilan/huffingtonpost
Health

6 Tips Mengurangi Mual Selama Hamil

Fitri Rachmawati
Rabu, 11 Februari 2015 - 09:20
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—Mual atau muntah atau istilah medisnya nausea dan vomitting dalam kehamilan disebabkan perubahan hormonal dalam tubuh salah satunya kadar estrogen yang meningkat.

Nausea dan vomitting biasanya terjadi di awal trimester pertama, tetapi ada juga yang mengalami hal ini sampai trimester kedua dan tidak sedikit ibu hamil mengalami nausea juga vomitting secara berlebihan atau disebut hiperemesis gravidarum hingga perlu dirawat di rumah sakit sampai beberapa minggu.

Karena nausea dan vottiing ini sesuatu yang alamiah, maka Anda yang sedang mengalami kehamilan tidak perlu khawatir atas gejala ini.

Untuk mencegah atau paling tidak mengurangi rasa mual dan muntah, Anda perlu mencoba hal-hal berikut:

Menyimpan Biskuit Polos Atau Kraker

Anda bisa mencoba menyimpan biskuit polos atau kraker di samping tempat tidur saat merasa mual. Karena dengan mengkonsumsi biskuit membuat perut akan lebih terasa nyaman.

Makanlah Hidangan Dalam Porsi Kecil

Mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi sering akan menekan hingga mengurangi rasa mual. Karena biasanya lambung yang kosong bisa meningkatkan rasa mual. Cobalah makanan yang tinggi protein atau karbohidrat kompleks untuk membantu menghilangkan rasa mual.

Hindari Makanan Padat

Cobalah hindari makan makanan padat, pedas, asam atau makanan yang digoreng dan usahakanlah mengkonsumsi makana yang sedikit mengandung lemak.

Cobalah Yogurt Dan Biskuit Kering

Walaupun Anda mungkin tidak bisa mencerna makanan dalam porsi besar, Anda bisa mencoba mengkonsumsi biskuit kering dan yogurt.

Ciumlah Lemon

Bau irisan lemon bisa membantu mengurangi rasa mual, untuk itu Anda bisa mencoba menambahkan irisan lemon di es teh atau soda.

Minum Jahe Atau Biskuit Jahe

Cobalah mengkonsumsi minuman jahe atau jahe, karena jahe terbukti dapat membuat perut terasa nyamn dan dapat mengurangi rasa mual hingga muntah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Sumber : BabyCentre, Question And Answers
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro