Ilustrasi/Bisnis.com
Health

12 Tips Alami Meningkatkan Daya Ingat

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 12 Februari 2015 - 11:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Tidak banyak dari kita yang memiliki daya ingat atau memori yang tajam. Biasanya, orang sering merasa lupa.

Tingkat daya ingat seseorang juga akan makin menurun seiring dengan pertambahan usianya. Lalu, bagaimana caranya agar Anda tidak mudah lupa akan sesuatu dan memiliki daya ingat yang lebih baik.

Tidak perlu mengonsumsi pil ajaib untuk mendapatkannya, karena ada cara lebih alamiah dan aman yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya tersebut. Berikut 12 caranya:

Mengepalkan tinju           

Hal ini mungkin terdengar aneh tapi penelitian menunjukkan bahwa mengepalkan tangan kanan dan meremas erat-erat membuat lebih mudah untuk menghafal nomor telepon atau daftar belanja. Kemudian, ketika Anda ingin mengingat informasi, mengepalkan tinju kiri. Para peneliti berpikir gerakan mengaktifkan daerah otak kunci untuk penyimpanan dan mengingat kenangan.

Alfabet

Ketika Anda mencoba untuk mengingat sepotong informasi seperti nama aktor dalam film tetapi hanya tidak bisa melakukannya, gunakan metode pencarian alfabet. Pada dasarnya, melalui alfabet untuk menemukan huruf pertama dari kata atau nama yang Anda mencoba mengingat untuk joging memori Anda. Trik ini benar-benar bekerja.

Olahraga

Ini bukan ilmu roket karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa latihan aerobik meningkatkan fungsi kognitif dan sangat baik untuk meningkatkan memori. Juga, olahraga diyakini mendorong pertumbuhan sel-sel otak baru di hippocampus - daerah otak yang penting dalam memori dan belajar.

Kurangi alkohol

Alkohol dapat membantu Anda tertidur tetapi membuat tidur tidak nyaman. Selain itu, ia memiliki efek yang merugikan pada konsentrasi dan memori.

Mengucapkan kata keras-keras
Mungkin, yang paling mudah dari semua metode untuk mengingat sesuatu adalah dengan mengucapkan kata dengan keras, baik itu mengingat di mana Anda meletakkan kunci mobil Anda atau apa yang Anda butuhkan dari toko atau merevisi untuk ujian, mengatakan para ahli memori. Studi menemukan bahwa mengatakan apa yang ingin Anda ingat dengan keras kepada diri sendiri atau bahkan mengucapkan itu  akan membantu mengingat.

Mengurangi rokok

Jika Anda berpikir merokok hanya menyebabkan kanker, Anda salah. Sebuah studi terpisah menemukan bahwa perokok setengah baya memiliki daya ingat yang lebih rendah daripada mereka yang tidak merokok.

Buat isyarat

Jika ada sesuatu yang harus Anda lakukan setiap hari pada waktu tertentu dan sering lupa, teknik yang disebut niat implementasi dapat membantu Anda. Misalnya, katakan kepada diri sendiri 'Pada perjalanan pulang, saya harus mengambil pakaian dari pembersih kering. "

Dapatkan visual berbicara
Jenis bantuan memori melibatkan menggunakan citra visual atau bukan kata-kata. Misalnya, cara klasik mengingat nama seseorang adalah untuk mencoba dan membayangkan itu (atau sesuatu yang berhubungan dengan itu) pada wajah seseorang.

Mengkonsumsi lebih banyak susu
Para ilmuwan menemukan bahwa subyek yang mengkonsumsi produk susu setidaknya lima atau enam kali seminggu melakukan jauh lebih baik dalam tes memori dibandingkan dengan mereka yang jarang makan atau minum mereka.

Jangan makan berlebihan
Makan terlalu banyak dapat melipatgandakan risiko masalah memori di usia tua, menurut sebuah penelitian Amerika. Studi menemukan asupan tinggi kalori secara substansial dapat meningkatkan risiko mengalami penurunan kognitif ringan, atau MCI, ditandai dengan kehilangan memori, yang dapat menjadi pemicu demensia.

Berjalan-jalan di taman
Sebuah studi menemukan orang-orang yang berjalan di sekitar taman melakukan 20% lebih baik pada tes memori daripada mereka yang berjalan di jalan-jalan.

Menari
Tidak hanya pecinta musik tampil lebih baik dalam tes kognitif, tetapi penelitian juga telah menunjukkan efek menguntungkan dari musik pada orang dengan penyakit Alzheimer. Hal ini diyakini bahwa musik dengan irama yang kuat dan pola, seperti reggae dan salsa, yang terbaik untuk memori dan pemecahan masalah. Bahkan, lebih kompleks tarian, semakin otak akan ditantang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro