8 nutrisi penting untuk ibu hamil/telegraph.co.uk
Health

Berikut 8 Nutrisi Penting Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Fitri Rachmawati
Kamis, 12 Februari 2015 - 14:31
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—Ibu hamil pada dasarnya membutuhkan nutrisi yang lebih banyak daripada orang lain. Karena nutrisi tersebut, akan diserap oleh bayi yang ada dalam janinnya.

Head of Medical Fonterra Brands Indonesia Dr Muliaman Mansyur mengatakan untuk membantu kebutuhan nutrisi selama kehamilan, ibu hamil bisa memenuhinya dengan susu sebagai nutrisi tambahan.

Karena dengan minum susu kehamilan dengan kadar folat tinggi akan meningkatkan kadar folat dalam darah dan mendukung kehamilan dan janin yang sehat.

Dia menjelaskan setidaknya ada 8 jenis nutrsi penting yang dibutuhkan ibu yang tengah hamil. Dan ke 8 nutrisi itu sebaiknya terpenuhi agar kesehatan janin dan ibunya terjaga hingga proses kelahiran. Berikut 8 nutrisi penting tersebut:

Folat

Zat gizi ini bermanfaat membantu pertumbuhan dan pembentukan tabung syaraf yang nantinya akan berkembang menjadi bagian otak adan dan syaraf tulang belakang bayi di trimester ke 2.

DHA

Merupakan nutrisi yang banyak dibutuhkan bagi otak manusia. Di mana sel-sel otak janin mulai terbentuk pada hari ke-27 setelah masa pembuahan. DHA sangat bermanfaat dalam masa perkembangan sel otak tersebut.

Gangliosida

Lemak susu yang penting membantu hubungan antar sel saraf otak janin.

Zat Besi

Zat ini sangat penting untuk menghindari kekurangan zat besi yang merupakan bahan pembentuk sel darah merah selama masa kehamilan, karena selama masa kehamilan volume darah akan meningkat sampai 50%.

Zat besi penting untuk pembentukan hemoglobin (Hb) yang berfungsi untuk membawa oksigen ke plasenta, dan biasanya kebutuhan zat besi sangat tinggi terutama pada trimester 2 dan 3 kehamilan.

Vitamin B

Vitamin ini berfungsi untuk mengurangi mual atau morning sickness dan muntah pada ibu hamil. Selain itu membantu metabolism asam amino, metabolism karbohidrat, dan metabolisme lemak.

Kalsium Dan Vitamin D

Zat gizi ini berperan dalam pembentukan tulang janin dan mencegah ibu mengalami keropos di kemudian hari.

Adapun kebutuhan kalsium dalam masa kehamilan mencapai 1000mg/ hari. Di mana setiap hari sebanyak 250mg/ hari kalsium akna ditransfer ke janin.

Inulin

Adalah prebiotik yang bermanfaat untuk kesehatan saluran pencernaan selama masa kehamilan. Dengan saluran cerna yang sehat, ibu diharapkan dapat menyerap nutrisi lebih baik selama masa kehamilan.

Inulin juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan adaptasi bakteri baik di usus besar, mengurangi jumlah bakteri jahat atau pathogen, mengurani metabolit toksik dan enzim yang tidak dibutuhkan dan mencegah terjadi konstipasi.

Selenium

Mineral yang berfungsi sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari radikal bebas sebagai penyebab kanker, melindungi tubuh dari proses penuan dan melindungi asam lemak esensial dari kerusakan (oksidasi).

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia atau POGI Dr Nurdadi Shaleh mengatakan ibu hamil sangat membutuhkan banyak nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Karena jika ibu hamil kekurangan gizi dikhawatirkan bayi dalam kandungan lahir dengan berat badan rendah dan meningkatkan risiko penyakit atau kelainan lainnya baik bagi ibu hamil terutama bagi bayi dalam kandungan.

“Seperti kekurangan zat asam folat yang dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida,” tuturnya Kamis (12/02).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro