ibu hamil/boldsky.com
Health

Ini Dia Penyebab Payudara Membesar Dan Sakit Saat Hamil

Fitri Rachmawati
Jumat, 13 Februari 2015 - 10:22
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—Nyeri pada payudara merupakan salah satu tanda awal Anda hamil, dan biasanya rasa sakit tersebut timbul sekitar empat sampai enam minggu masa kehamilan hingga berlangsung sepanjang trimester pertama.

Menurut Dr Morag Martindale yang dikutip dari buku Pregnancy Questions And Answers, 2009, Daphne Metland dkk (tim BabyCentre.co.uk), rasa sakit tersebut akibat dari banyaknya hormon estrogen dan progesteron sebagai persiapan tubuh Anda menyusui ketika bayi sudah lahir.

Selain rasa nyeri, ibu hamil pun akan merasakan payudaranya membesar dan menebal khususnya di lapisan lemak seiring dengan bertambahnya kelenjar susu dan darah tambahan. Biasanya keluhan sakit atau nyeri pada payudara hanya sementara, dan keluhan ini akan berkurang ketika memasuki trimester kedua sampai tiga.

Banyak calon ibu yang mengalami air susu keluar selama menjalani proses kehamilan dan hal ini sangat normal terjadi. Karena cairan tersebut adalah kolostrum yang berbentuk cairan kental kekuningan dan merupakan zat gizi baik bagi bayi yang baru lahir.

Adapun payudara akan menghasilkan kolostrum sekitar minggu ke 16 kehamilan, tetapi sebagian besar perempuan mengalami hal ini sampai trimester ketiga. Selain itu, terkadang air susu pun menetes saat bercinta dan ini normal terjadi.

Untuk itu, jika air susu menetes dalam jumlah yang banyak sebaiknya memasang bantalan khusus untuk payudara. Sehingga tidak keluar noda-noda basah pada baju Anda, dan seringlah mengganti bantalan payudara tersebut secara teratur agar terhindar dari kuman dan kenyamanan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Sumber : BabyCentre, Question And Answers
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro