Wanita hamil/girlytwitter.com
Health

Ini Waktu Olahraga Yang Tepat Bagi Ibu Pasca Operasi Caesar

Fitri Rachmawati
Minggu, 15 Maret 2015 - 21:19
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA—Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia atau POGI Dr Nurdadi Saleh mengatakan waktu yang tepat berolahraga bagi wanita yang sudah melahirkan normal dan operasi cesar sangat berbeda, karena kondisi medis paska melahirkan dengan operasi cesar ada kaidah medis tertentu yang harus dipatuhi pasien.

“Jadi jangan dulu langsung olahraga setelah beberapa minggu paska melahirkan dengan operasi cesar,” tuturnya Minggu (15/03/2015). Untuk memulai olahraga sebaiknya setelah luka operasi cesar benar-benar pulih yang terbukti dengan hasil pemeriksaan dokter. Kemudian, dianjurkan mulai berolahraga setelah masa nipas berakhir dan sudah melewati masa menyusui selama 1 tahun atau dua tahun.

Terutama bagi wanita yang melakukan olahraga berat. “Jika sudah melewati masa tersebut maka diperbolehkan melakukan olahraga seperti lari hingga olahraga berat sekalipun.” katanya. Namun, sebaiknya memulai olahraga ringan terlebih dahulu terutama pada otot bawah perut segera setelah Anda merasa siap. Anda bisa memulai dengan latihan dasar panggul yang dilakukan sambil menghembuskan napas.

Jika bisa melakukannya dengan mudah dan dapat menahan kontraksi slama 10 detik tanpa menahan napas. Anda bisa melakukan olahraga lainnya seperti sit up ringan. Namun, jika saat melakukan olahraga ini Anda kesulitan dan merasa nyeri, sebaiknya olahraga dihentikan. Hal ini menandakan olahraga tersebut masih terlalu dini untuk Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro