Ibu dan anak/mommyguides.com
Health

Ini Dia Dampak Saluran Cerna Sehat Pada Kemampuan Otak Anak

Fitri Rachmawati
Senin, 16 Maret 2015 - 15:59
Bagikan

Bisnis.com,JAKARTA--Lima pakar kesehatan yang tergabung dalam Happy Tummy Council mengatakan pentingnya menjaga saluran cerna anak untuk selalu sehat. Agar pertumbuhan anak terutama otak tumbuh secara optimal.

Hal ini karena saluran cerna merupakan organ imunitas terbesar dan memiliki berbagai fungsi termasuk untuk mengolah gizi, dan sangat berperan penting pada pertumbuhan otak serta penunjang tumbuh kembang anak.

Dokter Spesialis Anak dari Universitas Airlangga dr Ahmad Suryawan menjelaskan saluran cerna dan otak sebenarnya aktif melakukan komunikasi dua arah atau disebut dengan konsep Gut Brain Axis, di mana saluran cerna yang sehat akan mengirimkan sinyal positif kepada otak. Sehingga dapat mempengaruhi perkembangan otak.

Begitu juga sebaliknya, sinyal yang dikirimkan otak akan mempengaruhi komposisi mikrobiota yang terdapat dalam saluran cerna dan berdampak pada proses penyerapan nutrisi. "Inilah mengapa saluran cerna dianggap sebagai otak kedua," tuturnya. Oleh karena itu penting sekali menjaga kesehatan saluran cerna dengan makanan yang bergizi, sehat dan bersih karena hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan otak anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro