Wanita Hamil Malas Cuci Tangan, Janin Bisa Gugur

Akademisi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) Agustin Kusumayati mengatakan ibu hamil (bumil) yang malas mencuci tangan sangat berisiko terinfeksi sejumlah penyakit, terutama toksoplasma yang bisa menyebabkan keguguran janin.
Newswire | 02 April 2015 11:43 WIB
Wanita hamil - girlytwitter.com

Bisnis.com, JAKARTA— Akademisi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI) Agustin Kusumayati mengatakan ibu hamil (bumil) yang malas mencuci tangan sangat berisiko terinfeksi sejumlah penyakit, terutama toksoplasma yang bisa menyebabkan keguguran janin.

"Toksoplasma gondii ini banyak terdapat pada hewan peliharaan yang kebersihannya kurang diperhatikan. Mikroorganisme ini menyerang janin dan menyebabkan keguguran," kata Agustin yang juga Dekan FKM-UI di Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Infeksi tokso dapat dihindari dengan menjaga kebersihan bagi ibu hamil, lewat mencuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum makan dan minum.

Dengan perilaku tersebut, kata Agustin, dapat menghindarkan masuknya virus ke dalam tubuh ibu hamil.

"Misalkan bumil menyentuh apapun yang terkontaminasi toksoplasma dan makan menggunakan tangan tanpa dicuci dulu maka dapat terinfeksi mikroorganisme ini berisiko pada janinnya," katanya.

Penularan tokso, lanjut dia, banyak terjadi karena bumil malas mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, setelah yang bersangkutan melakukan kontak langsung dengan hewan peliharaan yang dihinggapi parasit Toksoplasma gondii.

Agustin juga menyarankan agar ibu hamil menghindari kontak dengan hewan peliharaan untuk alasan kesehatan.

"Kalaupun janin tidak gugur, bisa jadi bayi mengalami cacat saat lahir. Kebanyakan mengalami gangguan kecerdasan," katanya.

Toksoplasma gondii sendiri merupakan penyebab penyakit toksoplasma. Mikroorganisme tersebut kerap menjadi parasit pada beberapa jenis hewan seperti anjing, kucing dan burung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wanita hamil

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top