Wanita hamil rawan terkena gangguan gigi./boldsky.com
Health

TIPS SEHAT: Wanita Hamil Rawan Terkena Gangguan Gigi, Ini Cara Mencegahnya

Duwi Setiya Ariyanti
Senin, 13 April 2015 - 13:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Wanita yang sedang mengandung rawan terkena gangguan gigi akibat adanya perubahan hormon. Apa penyebabnya?

Glaxo Smith Kline Oral Health Care Expert Marketing Jehezkiel Martua mengatakan sebagai dampak perubahan hormon, wanita hamil kerap mengalami gangguan gigi.

Sebagai contoh, dia menyebut gusi yang lebih mudah berdarah akibat adanya perubahan hormon selama mengandung. Oleh karena itu, peradangan terjadi lebih besar peluangnya.

"Ibu hamil sering mengalami gusi berdarah karena perubahan hormonal. Jaringan lunak pada ibu hamil lebih sering luka, berdarah," ujarnya.

Kondisi ini pun, tuturnya, diperparah dengan munculnya rasa malas untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Rasa malas ini, katanya, akan berujung terhadap semakin parahnya masalah gigi dan mulut.

Efek lainnya, bisa berupa rasa malas untuk memenuhi nutrisi selama mengandung. Alhasil, memperbesar risiko terserang penyakit baik terhadap konsidi badan ibu maupun janin.

"Biasanya ibu hamil itu tidak terlalu perhatian sama kesehatan dan kebersihan gigi. Sering malas gosok gigi. Sementara. makan semua dari mulut. Mulut sakit jadi enggak makan, nutrisi enggak terpenuhi. Nutrisi enggak terpenuhi, ibu sakit, janin lebih sakit," katanya.

Ditambah, saat dalam kondisi hamil produksi plak di mulut meningkat. Bila tak rajin melakukan perawatan, bakteri yang ada di mulut bisa terbawa masuk ke dalam tubuh. Bakteri ini, katanya, yang akan memicu masalah seperti infeksi di bagian tubuh lainnya. Kendati demikian, pada kondisi seperti ini pula lebih baik menghindari konsumsi obat-obatan berbahan kimia.

Pasalnya, dikhawatirkan berdampak buruk bagi kondisi ibu hamil beserta janinnya. Dengan begitu, tindakan untuk senantiasa merawat kebersihan dan kesehatan tak boleh berkurang. Sikat gigi dua kali sehari dan pemeriksaan ke dokter gigi setipa enam bulan tetap harus dilakukan.

"Bakteri bisa masuk ke tubuh melalui peredaran darah dan menyebabkan infeksi di bagian tubuh lain. Kadang kita enggak pernah mengira ini ternyata dari gigi. Makanya harus tetap perhatikan kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro