Ilustrasi/Virtualoffice
Relationship

3 Tips Agar Berani Mengatakan "Tidak" di Kantor

Andhina Wulandari
Rabu, 22 April 2015 - 12:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Ada kalanya dalam bekerja Anda butuh mengatakan “Tidak” saat diberikan kerja tambahan. Bukan berarti Anda bisa seenaknya saja menolak tugas dari atasan, tapi Anda juga harus tahu kapan saatnya siap bekerja ekstra dan kapan saatnya menolak.

Berikut ini adalah beberapa tips agar bisa mengatakan “Tidak” di kantor.

Hati-hati terperangkap

Karena sering mengiyakan setiap tugas yang diberikan, Anda pun kerap dianggap sebagai seseorang yang bisa dilimpahkan pekerjaan saat orang lain tak sanggup.

Mungkin ada kesan bangga di awalnya, karena Anda jadi merasa dapat diandalkan. Tapi jika tumpukan kerja terlalu banyak, sementara Anda punya tanggung jawab sendiri, lama-kelamaan Anda pun jadi stres dengan jumlah pekerjaan tersebut.

Berikan alternatif

Saat akan kelimpahan pekerjaan, coba berikan alternatif solusi pada atasan atau rekan kerja. Misalnya, Anda meminta orang lain yang sepertinya sedang tidak sibuk atau meminta tenggat waktu yang berbeda. Cara ini merupakan cara halus untuk menolak pekerjaan.

Ketahui prioritas Anda

Anda harus tahu mana tugas utama Anda. Jangan sampai tugas tambahan malah membuat Anda tidak bisa mengerjakan tugas utama tersebut. Saat Anda dilimpahi tugas, katakan Anda masih punya beberapa pekerjaan lain yang harus segera diselesaikan. Jadi apakah tugas tambahan itu bisa menunggu atau lebih baik diberi pada orang lain.

Namun satu hal yang patut diingat, jangan selalu menolak pekerjaan yang diberikan karena bisa mengesankan Anda tipe karyawan pemalas yang tak mau berkembang.

Anda harus bisa tahu saat yang tepat untuk menolak dan kapan untuk mengiyakan. Lihat kembali deskripsi pekerjaan, prioritas kerja, dan tanggung jawab pekerjaan saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Magforwomen/Careerbuilder
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro