Bayi/Antara
Health

Susu Bukan Makanan Pengganti Untuk Bayi

Newswire
Senin, 11 Mei 2015 - 22:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Medical Affairs Manager Sarihusada Tria Rosemiarti menuturkan susu bukanlah pengganti makanan untuk bayi di atas usia enam bulan sehingga bayi harus tetap diberi makanan padat.

"Perbandingan makanan dan susu untuk bayi setidaknya 50 persen, susu tidak boleh berlebihan, nanti zat gizinya kurang," ujar Tria dalam acara diskusi bertajuk " Inovasi Baru dalam Nutrisi Tumbuh Kembang Anak" di Jakarta, Senin.

Ia menuturkan bayi memerlukan nutrisi esensial untuk tumbuh kembang, yakni makro nutient yang terdiri atas vitamin, mineral serta air dan makro nutrient yang terdiri atas karbohidrat, protein serta lemak.

Semua nutrisi tersebut, kata dia, tidak dapat dipenuhi oleh susu saja. Sebagian besar ibu, ujar dia, mengganti makanan dengan susu saat bayi tidak mau makan dan merasa nutrisi bayi sudah tercukupi, padahal belum.

Adanya anggapan bayi yang gemuk karena susu, kata dia, merupakan anggapan yang salah karena bayi gemuk dapat disebabkan gula dari susu yang dikonsumsi atau cemilan seperti coklat atau kue yang kalorinya tinggi. Ia mengatakan makanan bayi harus memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap yang dibutuhkan.

"Kalau bayi enam bulan belum boleh dikasih apa pun selain ASI, tetapi setelah itu harus diberi makanan, usia satu tahun pun sudah harus lengkap lauk-pauk, sayur dan makanan pokok," kata dia. Selain untuk pemenuhan nutrisi, bayi di atas enam bulan harus mulai diberi makanan padat agar indra pencecapnya dapat terlatih dan memicu tumbuhnya gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro