Balita membutuhkan makanan sesuai perkembangan organ pencernaannya/telegraph.co.uk
Health

BERAS SINTETIS: Ganggu Sistem Pencernaan

Tisyrin Naufalty Tsani
Jumat, 22 Mei 2015 - 16:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Beras plastik atau beras sintetis tengah ramai diperbincangkan masyarakat. Secara umum beras plastik sangat berbahaya untuk tubuh manusia.

Komponen dari plastik bukan sesuatu yang bisa dikonsumsi. Sistem pencernaan tak akan mencerna makanan yang mengandung plastik dengan sempurna.

Dokter spesialis penyakit dalam, Ari Fahrial Syam, mengatakan jika mengonsumsi beras plastik, bisa saja terjadi gangguan langsung pada sistem pencernaan secara akut.

“Makanan yang mengandung plastik akan butuh waktu lama berada di dalam lambung,” katanya melalui keterangan resmi, Jumat (22/5/2015).

Hal tersebut akan menimbulkan rasa begah, penuh dan cepat kenyang. Gangguan yang terjadi selanjutnya bisa juga terjadi mual, bahkan muntah. Selain itu, komponen dari plastik tersebut dapat memicu iritasi sistem pencernaan. 

Ari yang merupakan staf Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) ini, menjelaskan proses pembuangan dari makanan yang mengandung plastik juga bisa membuat seseorang diare atau malah susah buang air besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro