Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Seperti Ini Sarapan Berkualitas

Begini Kandungan Sarapan yang Baik Bisnis.com, JAKARTA Kesibukan pekerjaan kadang membuat masyarakat sering mengabaikan sarapan. Padahal, sarapan penting dilakukan untuk memberikan energi yang cukup bagi tubuh untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 04 Juni 2015  |  16:37 WIB
Seperti Ini Sarapan Berkualitas
Sarapan - Twitter
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kesibukan pekerjaan kadang membuat  orang sering mengabaikan sarapan. Padahal, sarapan penting untuk mendapatkan energi yang cukup bagi tubuh untuk aktivitas sepanjang hari.

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Hardyansyah mengatakan, sarapan yang baik harus menyuplai setidaknya 15% kebutuhan nutrisi tubuh sepanjang hari. Menu sarapan juga sebaiknya yang mengandung karbohidrat, protein, dan unsur vitamin dan mineral.

“Sarapan sehat itu dinilai dari tiga hal, yaitu jenis lauknya, jumlah makannnya dan waktu pelaksanaannya,” ujar Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Hardyansyah ketika di sela-sela acara International Symposium on Food nd Nutrition (ISFAN) 2015, Kamis (4/6/2015).

Menurutnya, jumlah porsi sarapan bagi orang dewasa adalah sekitar seperempat atau seperenam porsi makan selama seharian penuh. Adapun bagi anak kecil, 50% dari jumlah tersebut sudah mencukupi.

Diamencontohkan menu sarapan tradisional yang baik dan bergizi. Beberapa di antaranya adalah bubur Manado yang mengandung sayuran, ikan, dan jagung serta bubur Cianjur ataumenu yang menggunakan telur. Nasi uduk yang mennggunakan ayam dan sayur juga tak kalah bergizi.

Jika bubur dirasa terlalu berat, Anda bisa menggantinya dengan roti atau sereal. Sebaiknya, perbanyak mengonsumsi makanan berserat di pagi hari, karena makanan serat membutuhkan waktu cukup lama untuk diproses tubuh sehingga ampuh menahan lapar.

Buah-buahan seperti pisang, apel, jeruk, papaya dan alpukat juga baik dikonsumsi langsung pada pagi hari. Meski memiliki kulit luar, hindari membekal buah-buahan tersebut ke kantor untuk menjaga kebersihan dan kesegarannya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan sarapan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top