Peragaan busana hasil karya Biyan Wanaatmadja/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyant
Fashion

Biyan Ingin Industri Mode Indonesia Bisa Sukses di Negeri Sendiri

Duwi Setiya Ariyanti
Jumat, 12 Juni 2015 - 16:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Menampilkan peragaan busana bertajuk Dream, perancang mode Biyan Wanaatmadja ternyata memiliki mimpi sendiri di bidang fashion yaitu melihat industri mode lokal bisa berkembang.

Menurutnya, dari sekian banyak mimpi berkembangnya fashion Indonesia adalah salah satunya. Dia menginginkan agar produk fashion lokal bisa memenangi persaingan di tengah maraknya produk fashion dari luar negeri.

"Mimpinya banyak banget. Saya ingin melihat Indonesia jadi yang simpel-simpel aja. Fashion Indonesia bisa berkembang di negaranya sendiri," ujarnya di Jakarta, Kamis (11/6/2015).

Kendati demikian, perancang busana yang telah berkarya selama 32 tahun ini menilai masih banyak yang perlu dibenahi untuk mewujudkan hal itu. Sebagai langkah untuk mencapainya, bisa dilakukan dengan melakukan perubahan sekecil apa pun.

"Saya pikir masih banyak yang harus dibenahi. Semuanya harus ada step-nya. Berubah dari yang kecil-kecil dulu," katanya.

Sebagai contoh, Biyan menyebut soal upaya melestarikan tradisi yang bisa menjadi nilai tambah bagi kaum perempuan Indonesia yang mjadi inspirasi dalam setiap karyanya.

Tradisi, ujarnya, akan sangat berharga dan penting dilestarikan karena kerap kali dalam kehidupan sehari-hari kaum perempuan cenderung malu untuk mengakui warisan yang diturunkan.

"Saya pikir itu perlu diingatkan, kadang-kadang orang suka malu akui nilai tradisinya sendiri dan itu jadi value yang harus dilestarikan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro