Ilustrasi/Fitnish
Relationship

5 Cara Jadikan Lingkungan Kantor Lebih Sehat

Andhina Wulandari
Senin, 15 Juni 2015 - 17:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Anda mungkin menghabiskan waktu lebih banyak di kantor, karena itu mengatur lingkungan di kantor juga sama pentingnya dengan mengatur tata letak perabotan di rumah.

Berikut ini ada lima cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan kantor Anda lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk kesehatan, menurut Dr. Loretta Lanphier, praktisi kesehatan holistik, dalam laman Global Healing Center.

1. Pastikan kursi nyaman

Pastikan kursi tempat duduk Anda terasa nyaman dan punya tinggi rendah yang bisa disesuaikan. Saat Anda duduk dengan kaki rata di lantai, tangan Anda harus berada pada posisi 90 derajat ketika mengetik di komputer. Jika Anda harus merentangkan tangan saat mengetik, hal tersebut bisa memberikan tekanan pada area punggung dan bahu.

2. Tanaman hijau

Tanaman tidak sekadar membuat lingkungan tampak indah, tapi juga membersihkan polusi di dalam ruangan karena tanaman memproduksi oksigen. Pilih aneka tanaman kecil, baik yang berwarna hijau atau warna-warna lainnya yang juga bisa membuat Anda makin semangat bekerja.

3. Aromaterapi

Gunakan minyak aromaterapi yang dapat menstimulasi otak, sebagai sebuah pelepasan stres dan membuat tubuh lebih rileks. Coba wewangian seperti lemon, bergamot, ylang ylang, atau mawar yang sangat sesuai untuk suasana kantor.

4. Putar musik

Jadikan musik sebagai latar belakang Anda saat bekerja. Musik dapat mempengaruhi suasana hati, kemampuan komunikasi, dan fungsi kognitif. Musik juga dapat menstimulasi Anda dalam melakukan pekerjaan serta mengurangi stres di kantor. Sebaiknya pilih musik lembut atau musik bertempo cepat jika Anda memang butuh semangat lebih.

5. Istirahat

Kadang Anda juga memerlukan istirahat setidaknya dua kali dalam sehari. Tidak perlu waktu lama, cukup 10-15 menit berjalan atau keluar dari kubikel dan melihat keadaan di luar gedung kantor. Ini juga merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres sekaligus mengisi ulang energi tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro