Pameran lukisan The Sense/Bisnis.com-Natalia Indah
Show

11 Seniman Bali Adakan Pameran Bersama Bertajuk The Sense

Natalia Indah Kartikaningrum
Kamis, 25 Juni 2015 - 14:19
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR-- 11 Perupa di Bali mengadakan pameran hasil karyanya yang bertema The Sense di Griya Santrian Gallery, Sanur. Pameran tersebut berlangsung mulai dari 26 Juni 2015 hingga 14 Agustus 2015 mendatang.

11 Perupa tersebut, yaitu Antonius Kho, Made Kaek, Nyoman Sujana Kenyem, Ni Nyoman Sani, Uuk Paramahita, Lekung Sugantika, Ni Komang Atmi Kristiadewi, I Ketut Adi Candra, I Made Somadita, Tien Hong, dan I Putu Bambang Juliarta.

Made Kaek, salah satu perupa dalam pameran ini mengungkapkan, ada 36 karya yang dipamerkan dari berbagai media.

“The Sense ini berawal dari kegelisahan kami dan kami semua berteman meskipun secara individu kami sering pameran solo hingga akhirnya coba kami gabung dalam sebuah wadah yang tidak mengikat, dan kegelisahan tersebut akhirnya kami tuangkan dalam sebuah karya,” tuturnya di sela-sela konferensi pers pameran lukisan The Sense, Kamis (25/6/2015).

Dia menambahkan, ketika seni dinikmati apapun bentuknya, seni memang melumuri perasaan dan saat seni dalam ranah wacana, seni adalah percakapan yang mengasyikkan dan juga dapat menyebalkan.

Dengan hal itu, seni merenggut akal dan hati dan pengambilan judul The Sense dimaksudkan dari perangai seni tersebut.

Dalam pengertian sense, seniman dapat melakukan petualangan yang luas di dalam ranah yang luas juga pada dirinya yaitu akal budi. The Sense ini menampilkan sejumlah seniman muda yang mencoba mencari dan meraih dari seluruh pencapaian akal budinya.

“Ini merupakan pameran yang pertama kalinya kami lakukan bersama-sama dan dari 11 orang ini kami coba membangun kembali. Sifat ego seniman itu tinggi namun ketika kami bersama, kami belajar untuk meredam ego kami masing-masing,” ujarnya.

Dia mengharapkan, dengan pameran bersama ini para seniman tersebut dapat semakin belajar untuk menghargai masing-masing seniman dan masing-masing karyanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro