Ukiran Kamoro yang Unik. /Kidnesia.com
Travel

Masyarakat Suku Komoro Ajukan Pembangunan Museum

Nenden Sekar Arum
Selasa, 11 Agustus 2015 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, MIMIKA - Masyarakat suku Komoro di distrik Iwaka, Timika, Mimika, Papua mengusulkan untuk dibangun sebuah museum kebudayaan Komoro.

Hal tersebut disampaikan Perwakilan Suku Komoro Thimotius Samin kepada Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat melakukan kunjungan ke distrik Iwaka, Selasa (11/8/2015).

Thimotius mengatakan suku Komoro memiliki kebudayaan yang kaya, mulai dari ukiran kayu yang khas, anyaman, hingga noken.

Salah satu kerajinan tradisional yang menjadi unggulan adalah ukiran dari kayu trembesi yang bisa kuat lebih dari 60 tahun. Selain itu, masing-masing ukiran memiliki cerita tentang kehidupan suku Komoro dari zaman nenek moyang.

Dia mengatakan kebudayaan-kebudayaan tersebut sudah dipromosikan di berbagai festival kebudayaan di luar negeri. Sebagai contoh, kebudayaan Komoro pernah mengikuti promosi budaya di Leiden, Belanda pada 2003, dan di Bulgaria pada 2007.

Arief Yahya mengatakan ide untuk pembuatan museum tersebut cukup baik, tetapi hal itu bisa direalisasikan dengan kerja sama pemerintah daerah.

"Saya nilai pembangunan museum cukup layak karena hasil karyanya tidak kalah dengan Suku Asmat yang sudah mendunia. Kami harapkan suku ini juga memiliki ruang untuk berkreasi," katanya. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro