Chef Susur Lee, salah satu juri MasterChef Asia/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti
Fashion

Chef Susur Lee: Anda Hebat Jika Bisa Identifikasi Bahan Pada Saus

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 20 Agustus 2015 - 16:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Chef Susur Lee menilai kemampuan untuk mengidentifikasi seseorang di bidang kuliner tergolong hebat jika bisa menyebut bahan apa saja yang terkandung dalam sebuah saus.

Menurutnya, eksplorasi dalam bidang kuliner bukan hanya soal memasukkan makanan ke dalam perut dan selesai saat merasa kenyang. Kekuatannya, katanya, ada pada mencicipi setiap hidangan.

Pasalnya, kegiatan ini sama dengan saat otak mengidentifikasi musik. Dengan demikian, bila seseorang bisa membuka apa saja bahan-bahan untuk membuat saus yang dicicipi bisa dikatakan hebat. Hal ini karena, banyak bahan yang terkandung dalam sebuah saus.

"Identifikasinya sama saat otak bekerja ketika kita mendengar musik. Bila bisa mengindentifikasi bahan dari sebuah saus anda hebat karena ada banyak bahan di sana," ujar chef yang menjadi juri di acara MasterChef Asia itu dalam jumpa pers di Restoran Bengawan, Kamis (20/8/2015).

Lebih lanjut, menjadi seorang koki adalah profesi yang unik. Chef yang mengawali karir internasionalnya pada 1987 dengan membuka restoran di Toronto, Kanada, ini menganggap diperlukan kekuatan fisik secara penuh. Koki membutuhkan kemampuan identifikasi dari indera mata, hidung, telinga dan keseluruhan bagian tubuhnya untuk menyajikan hidangan.

Pengalaman mencicipi sendiri sudah didapatnya sejak kecil. Ayahnya, ujar Susur, kerap memintanya untuk mencicipi banyak makanan termasuk melihat dan menghirup aromanya. Tujuannya, agar bisa membedakan ragam jenis panganan. Hal itu pula yang membuat indera penciumannya sangat penting untuk memastikan kualitas setiap masakan.

"Sejak kecil saya sudah dilatih untuk mencicipi banyak makanan, dan menghirup aroma sangat penting bagi saya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro