depresi/pheonixrises
Health

Depresi Tak Menular

Newswire
Jumat, 21 Agustus 2015 - 17:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Suasana hati yang bahagia bisa menular pada orang lain lebih cepat dibanding jaringan sosial. Namun, lain halnya dengan depresi. 

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B, para peneliti dari Universities of Manchester and Warwick, menemukan, berteman dengan penderita depresi tak berarti menempatkan Anda pada risiko depresi pula. 

Sebaliknya, Anda justru bisa membantu penderita pulih dari depresinya. Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti melibatkan 2 ribu remaja di Amerika Serikat, untuk melihat bagaimana suasana hati (mood) berpengaruh pada masing-masing orang. 

Mereka menggunakan metode yang sama seperti ahli kesehatan melacak penyebaran penyakit infeksi. 

Hasil studi memperlihatkan, walaupun depresi tidak "menular", namun, memiliki teman yang suasana hatinya bagus (sehat) justru bisa menggandakan kemungkinan penderita pulih dari depresinya dalam 6-12 bulan. 

Hal ini tentu berdampak besar bagi penderita. Sebaliknya, beragam faktor sosial seperti tinggal seorang diri, pengalaman mengalami kekerasan semasa kecil, mempengaruhi seseorang menderita depresi. 

"Dukungan sosial merupakan hal penting agar penderita pulih dari depresinya, misalnya memiliki seseorang yang bisa diajak bicara," kata penulis studi, Thomas House dari University of Manchester.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro