Merokok/boldsky.com
Health

Perokok Cenderung Dihantui Masalah Gigi Ompong

Newswire
Kamis, 17 September 2015 - 13:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Rentetan masalah kesehatan yang mengintai para perokok kini bertambah satu yaitu kemungkinan gigi tanggal.

Dalam studi yang dimuat di Journal of Dental Research, disebutkan perokok laki-laki berisiko mengalami gigi tanggal 3,6 kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang bukan perokok. Sementara untuk perempuan risikonya sekitar 2,5 kali.

"Kebanyakan gigi yang tanggal disebabkan oleh karies atau periodontitis kronis. Merokok merupakan faktor risiko kuat terjadinya periodontitis atau peradangan gusi," ujar peneliti Prof. Thomas Dietrich dari Universitas Birmingham.

Lebih lanjut, peneliti menyebutkan, merokok dapat menutupi terjadinya pendarahan gusi (penyebab periodontitis).

Hasilnya, gusi perokok nampak terlihat lebih sehat dibandingkan sebelum mereka merokok.

Kondisi ini cenderung dialami perokok muda dibandingkan mereka yang berusia lebih tua. Kemudian, mereka yang tergolong perokok berat berisiko lebih tinggi mengalami risiko ini dibandingkan perokok yang makin sedikit merokok.

Menurut dia, berhenti merokok merupakan upaya mengurangi risiko terkena pendarahan gusi, lebih cepat.

"Pada akhirnya, mantan perokok berisiko mengalami gigi tanggal yang sama dengan mereka yang belum pernah merokok," kata dia seperti dilansir Eurekalert.org.

Sementara itu, Kolade Oluwagbemigun dari German Institute of Human Nutrition, mengatakan, penyakit gusi dan konsekuensi gigi tanggal merupakan efek kesehatan yang harus diwaspadai perokok.

Temuan ini bisa memotivasi orang-orang untuk berhenti merokok sebelum mengalami masalah kesehatan yang lebih parah seperti terkena penyakit kanker paru-paru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro