Ilustrasi/Antara
Fashion

Kini Hadir Aplikasi Peta Batik Indonesia

Azizah Nur Alfi
Kamis, 1 Oktober 2015 - 10:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Bandung Fe Institute dan Sobat Budaya meluncurkan aplikasi Peta Batik Indonesia. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android dan pengguna iOS.

Para pengguna Android dapat mengaksesnya melalui http://tiny.cc/androidBatik. Sementara itu para pengguna iOS (iPhone, iPad dan iPod touch) dapat mengunduhnya di http://tiny.cc/iOSBatik.

Presiden Bandung Fe Institute Hokky Situngkir menuturkan peluncuran aplikasi Peta Batik Indonesia ini dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober besok.

Dia mengatakan kehadiran aplikasi Peta Batik Indonesia dapat menjadi alat bantu dalam mengindentifikan motif batik yang tidak diketahui secara jelas asal usulnya. Aplikasi ini juga dapat membantu masyarakat untuk melihat deskripsi detail dari sebuah motif batik dan pola kekerabatannya dengan motif batik yang lain.

Fungsi lain, aplikasi ini menghadirkan peta yang dapat menjadi metode yang terukur (kuantitatif) dalam melihat evolusi dan perkembangan batik di Indonesia.

"Semoga aplikasi Peta Batik Indonesia dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan kita terhadap batik, sebagai warisan tradisi adiluhung Nusantara," katanya dalam rilis yang diterima Bisnis, Kamis (1/10/2015).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro