Ilustrasi/cvgwebdesign
Relationship

LAMAR PEKERJAAN: Lakukan Ini Usai Diwawancara

Yulianisa Sulistyoningrum
Rabu, 14 Oktober 2015 - 13:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pernahkah Anda berpikir, masa usai wawancara kerja adalah waktu paling genting, yang sangat menentukan masa depan?

Apapun hasilnya, ada beberapa cara menghadapi masa ini agar kejelasan hasil wawancara sekaligus citra baik Anda di mata perusahaan didapatkan.

Dilansir careerealism, berikut langkah yang sebaiknya Anda lakukan setelah wawancara kerja.

1. Kirimkan "thank you letter"

Meski kurang populer di Indonesia, istilah "thank you letter" sudah menjadi jamak bagi pencari karier di negara lain, terutama bagi mereka yang ingin menunjukkan sopan santun setelah proses wawancara kerja berlalu. Thank you letter berisi ucapan terima kasih karena telah diberi kesempatan wawancara kerja pada perusahaan dan posisi tertentu. Biasanya, surat ini berbentuk email dan dikirim sekitar sehari setelah wawancara berlangsung.

 2. Tanya langsung

Anda dijanjikan akan dihubungi seminggu setelah hari wawancara. Namun, dua hari setelah waktu yang diijanjikan belum juga ada kabar yang didapatkan. Bila menghadapi situasi seperti ini, tanyakan pada pihak SDM yang terakhir menghubungi Anda tentang bagaimana hasil wawancara. Selama pertanyaan Anda sopan, jangan takut bertanya langsung karena terkadang pihak perusahaanlah yang sibuk sehingga lupa menghubungi kandidat. Tanyakanlah melalui email atau telepon.

 3. Jangan menyerah

Telepon konfirmasi yang diterima menyatakan Anda gagal dan tak dapat mengikuti tahap seleksi berikutnya? Rasa kecewa pastilah ada. Namun, jangan lupa untuk tetap mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah perusahaan berikan terhadap Anda. Setelah itu, bangun kembali kepercayaan diri untuk meraih kesempatan kerja di tempat lain yang masih terbuka untuk Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro