Ilustrasi/Fournier
Health

5 Kebiasaan Sederhana Ini, Bisa Tingkatkan Disiplin dan Kesuksesan

Redaksi
Rabu, 29 Mei 2024 - 16:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sikap disiplin sangat dibutuhkan setiap orang dalam menjalani kehidupan, agar semua kegiatan yang dilakukan dapat berjalan lancar.

Namun, banyak orang yang sulit menerapkan sikap disiplin akibat tidak bisa mengubah kebiasaan buruk seperti kurang menghargai waktu, tidak konsisten dalam mengerjakan sesuatu, atau tidak memiliki tujuan untuk masa depan.

Dilansir dari hackspirit.com dan jenndrummond.com, Rabu (29/5/2024) sikap disiplin diri merupakan pola pikir komprehensif berupa kerangka kerja yang dapat membantu seseorang dalam mengendalikan kehidupannya.

Sikap disiplin memang sulit untuk diterapkan, tetapi jangan khawatir karena dapat dilatih melalui beberapa kegiatan sederhana dan positif setiap harinya.

Tips Meningkatkan Disiplin

1. Menentukan skala prioritas

Menetapkan prioritas merupakan langkah kunci untuk mengembangkan disiplin diri, khususnya ketika melakukan suatu pekerjaan. Saat Anda, sudah memahami dan mengetahui hal apa saja yang paling penting untuk dicapai setiap harinya, maka dapat mempermudah dan mempercepat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu, prioritas yang jelas juga dapat membantu Anda terhindar dari kegiatan kurang produktif.

2. Mengontrol penggunaan media sosial

Tips sukses lain adalah menetapkan batas waktu penggunaan media sosial menjadi langkah untuk membentuk sikap disiplin diri. Karena, seringkali media sosial membuat seseorang menjadi tidak produktif melalui hiburan yang ditampilkan.

Mulai sekarang, cobalah untuk membuat jadwal seperti hanya bermain media sosial saat hari libur saja atau 3 jam dalam satu hari.

3. Membuat jadwal harian 

Memiliki jadwal yang terstruktur dapat membantu memprioritaskan pekerjaan, mengarahkan fokus, dan menghemat waktu penyelesaian, yang semuanya berkontribusi dalam meningkatkan kedisiplinan diri. 

Mulai sekarang, Anda wajib memiliki jurnal tugas harian yang berisikan jenis kegiatan, waktu penyelesaian tugas, dan perkembangan diri yang akan dilakukan.

4. Meditasi

Meditasi biasanya dikaitkan dengan upaya pengelolaan stres, hal ini selaras dengan peningkatan disiplin diri yang membutuhkan konsentrasi penuh dalam pengambilan keputusan setiap harinya. Misalnya, ketika menentukan prioritas pekerjaan atau membuat jadwal kegiatan.

Penelitian Northeastern University menemukan, pelatihan mindfulness dalam jangka waktu singkat secara signifikan dapat meningkatkan pengendalian diri yang berkontribusi dalam membentuk sikap disiplin.

5. Tetap konsisten

Kunci mengembangkan disiplin terletak pada konsistensi. Karena sikap disiplin bukan hanya tentang menjadi sempurna untuk satu hari atau seminggu saja, tetapi bagaimana seseorang dapat berkomitmen pada tujuannya setiap hari.

Konsisten membutuhkan usaha, kesabaran, dan ketahanan diri, karena pasti akan ada hari-hari ketika seseorang merasa lelah atau tidak termotivasi. Untuk itu, Anda wajib memiliki tekad yang kuat selama membentuk sikap disiplin diri. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro