Garin Nugroho saat memaparkan film Tjokroaminoto./Antara
Entertainment

Menteri Ini Jagokan Film Tjokroaminoto di FFI 2015

Duwi Setiya Ariyanti
Senin, 23 November 2015 - 20:56
Bagikan

Bisnis.com, TANGERANG SELATAN--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menjagokan film Guru Bangsa: Tjokroaminoto dalam Festival Film Indonesia.

Menurutnya, film Guru Bangsa: Tjokroaminoto layak menjadi pemenang Piala Citra untuk kategori Film Terbaik. Pasalnya, film karya Sutradara Garin Nugroho itu bisa menjadi bahan evaluasi diri karena mengangkat sosok H.O.S. Tjokroaminoto.

"Saya sudah melihat sebagian film ini. Ini memang menarik dan ceritanya membuat kita merefleksikan diri," ujarnya saat tiba di karpet merah di Gedung ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Senin (23/11/2015).

Film tentang Tjokroaminoto, menurut Anies layak diunggulkan karena memberi kesempatan pada penonton untuk mengambil nilai-nilai penting pada salah satu sosok penting di Indonesia itu. Hal itulah yang dianggapnya sebagai sisi mendidik dari film.

"Momen-momen penting dalam film itu bisa ditularkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Film ini menarik, ya mendidik," katanya.

Ke depan, Anies berharap akan lebih banyak lagi generasi baru dari sineas Indonesia yang muncul dan meneruskan semangat kreativitas Teguh Karya yang menjadi tema malam ini. Sebagai pemerintah, pihaknya akan mendukung berkembangnya proses kreatif para sineas yang akan membuat perfilman Indonesia semakin maju.

"Malam ini kita apresiasi Teguh Karya. Ke depan akan lebih banyak lagi generasi baru sineas Indonesia yang muncul. Proses kreatif ada di teman-teman tapi untuk tenaga dan fasilitas akan kita bantu semua," katanya.

Adapun, film Guru Bangsa: Tjokroaminoto masuk dalam nominasi itu bersama film Mencari Hilal (Ismail Basbeth), Siti (Eddie Cahyono), Toba Dreams (Benni Setiawan) dan A Copy of My Mind (Joko Anwar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro