Aqua Yoga/ilustrasi-shape.gr
Health

Mengenal Aqua Yoga dari Instruktur Langganan Para Seleb

Wike Dita Herlinda
Sabtu, 28 November 2015 - 13:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Meskipun trennya belum marak di Indonesia,aqua yoga alias latihan yoga di dalam air mulai dilirik sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan oleh sebagian instruktur. Apalagi, beberapa selebritas Tanah Air telah mencoba teknikunderwater yoga ini.

Fajar Putra, instruktur yoga kenamaan langganan para artis, adalah salah satu yang mulai mencoba mengembangkan kelasaqua yogadi Jakarta. Salah satu yang pernah menjadi klien aqua yoga-nya adalah Chelsea Olivia dan Glen Alienski.

Namun demikian, Fajar mengaku aliranaqua yogabukanlah spesialisasinya. Tidak sepertiacro yoga,kelasaqua yogamasih cukup sulit dikembangkan di Indonesia karena beberapa tantangan. Salah satunya adalah keterbatasan tempat untuk latihan.

Berikut penjelasan Fajar tentang tren gaya hidupaqua yogayang baru tahun ini masuk ke pasar Indonesia itu:

Apakah aqua yoga itu?

Kalau saya pribadi,aqua yogahanya sekadar tambahan saja. Jadi, ini variasi latihanacro yogayang dilakukan di dalam air.

Aqua yogafungsinya lebih untuk melatih pernafasan. Klien saya, Chelsea Olivia misalnya, mengaku memiliki masalah nafasnya pendek-pendek. Oleh karena itu, saya ajak dia mencoba latihan yoga di dalam air.

Latihan ini cocok buat mereka yang nafasnya kurang panjang, karena tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas oksigen di dalam tubuh.

 

Apa perbedaannya dengan yoga yang dilakukan di darat? Apakah ada kelebihan dibandingkan jenis yoga lain?

Kalau saya sendiri memang instrukturacro yoga. Prinsip dariacro yogaadalah from earth to air, sedangkan untukaqua yogaadalah from earth to water. Latihan yang biasa di lantai, dibawa ke dalam air.

Gerakan-gerakan yang dilakukan sebenarnya sama dengan yoga yang di darat, hanya saja mediumnya di dalam air. Tantangannya adalah bagaimana melakukan pernafasan dengan benar di dalam air serta bagaimana memberatkan tubuh agar bisa menapak ke dasar kolam.

Untuk mengatasinya, biasanya saya latih murid untuk bernafas normal seperti biasa. Namun, saat turun ke dalam air, tahan nafas sampai habis. Ini sekaligus melatih seberapa lama seseorang bisa menahan nafas di dalam air.

Kelebihan aqua yoga, efek latihannya lebih cepat terasa ke tubuh. Semua yang dilakukan di dalam air akan terkesan lebih ringan, padahal sebenarnya justru lebih berat. Itulah mengapa satu jam latihanaqua yogasaja pastiheart rate-nya lebih cepat naik ketimbang di darat.

 

Apakah efektivitas aqua yogaini sudah terjamin? Bagaimana mengatasi tantangan keterbatasan pernafasan dan menahan pose yang ajeg di dalam air?

Biasanya saya tidak langsung menyuruh murid untuk turun ke air melakukan pose saat pertama kali mencoba. Dalam dua atau tiga kali latihan, saya akan mengajarkan teknik pernafasan terlebih dahulu, yaitu dengan pernafasanujjayi.

Pernafasanujjayiini menyempitkan pita suara, sehingga terdengar suara seperti mendesis atau mendengkur saat bernafas. Kalau dilakukan di dalam air, bentuknya akan terlihat seperti gelembung ataububble.

 

Sejak kapan tren aqua yogamulai berkembang di Indonesia?

Mulai tahun ini. Sebenarnya pelakunya masih jarang sekali. Sedikit sekali peminatnya. Sebab, kebanyakan orang langsung menolak melakukanaqua yogakalau tidak bisa berenang. Padahal, belum tentu benar.Aqua yogabisa dilakukan di kolam dangkal juga.

 

Bagaimana dengan instruktur aqua yoga? Apa perlu sertifikat khusus?

Biasanya iya. Namun, terus terang saya belum memiliki sertifikat khususaqua yoga. Hanya saja, saya pernah mempelajarinya. Di Jakarta pun instrukturaqua yogamasih sangat sedikit, dan mungkin hampir tidak ada yang mengantongi sertifikat khusus.

 

Apa tantangan mengembangkanaqua yogadi Indonesia? Bagaimana potensi bisnis kelasaqua yoga ke depannya?

Pertama,stigma masyarakat bahwa kalau tidak bisa berenang pasti tidak bisaaqua yoga. Itu keliru.

Kedua, banyak yang enggan mempelajarinya karena masih risih kalau harus berenang di dalam air dengan pelatihnya. Apalagi jika pelatihnya lawan jenis.

Ketiga,keterbatasan tempat.Aqua yogamembutuhkan kolam renang. Mayoritas studio yoga tidak memilikinya. Paling-paling bisanya dilakukan di pusat kebugaran, atau di rumah pribadi klien yang memiliki kolam renang.

Dari situ, saya melihat belum ada lampu hijau untuk pengembangan bisnisaqua yogaini. Khususnya karena susahnya mencari tempat latihan. Biasanya dilakukan privat di rumah yang ada kolam renangnya.

Nah, itu membuataqua yogaini terkesan sangat tersegmen dan hanya dapat dilakukan oleh orang-orang dari kalangan tertentu saja. Jadi, pengembangannya sampai saat ini memang agak sulit.

 

Untuk yang tertarik mencoba aqua yoga, apa yang harus dipersiapkan?

Jangan makan berat dua jam sebelum latihan. Lalu, pastikan kalau memang tidak bisa berenang, ada orang yang membantu di sekitarnya. Kalau baru pertama kali ikut latihan, sebaiknya dilaukan di kolam dangkal.

Tidak ada batasan umur sebenarnya. Saya pernah melatihaqua yogakepada klien yang usianya 68 tahun.Aqua yogaini membuat tubuh terasa lebih ringan di dalam medium air, seperti halnyaacro yogayang dibantu medium udara.

 

Berapa tarifnya?

Sama saja dengan acro yoga. Sekitar Rp300.000-Rp500.000 per jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro