Ilustrasi/Codyapp
Health

5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Berpuasa

Redaksi
Sabtu, 24 Februari 2024 - 12:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika berpuasa banyak orang yang bingung untuk melakukan aktivitas apa selain ibadah-ibadah yang dikerjakan.

Olahraga dapat menjadi salah satu aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika berpuasa. Namun, bagi sebagian orang melakukan olahraga ketika berpuasa akan sangat melelahkan.  

Dilansir dari siloamhospitals.com dan riausilip.puskesmas.bangka.go.id, perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa olahraga yang dapat dilakukan ketika berpuasa, olahraga intensitas ringan dapat Anda coba untuk menghindari kelelahan akibat olahraga.

Simak olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa:

1. Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang dapat Anda lakukan ketika sedang berpuasa. Ketika, berpuasa tidak ada asupan makanan dan minuman hingga waktunya berbuka tiba, maka yoga cocok dilakukan ketika Anda berpuasa karena olahraga ini tidak perlu menggunakan fisik Anda secara keras, dan dapat dilakukan dirumah. 

Manfaat melakukan yoga yakni dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, yoga juga bisa membantu meregangkan otot-otot ditubuh, dan dapat membuat otak Anda jauh lebih fresh.

2. Bersepeda

Olahraga bersepeda cocok dilakukan ketika berpuasa, cukup dilakukan 45 menit dalam sehari. Melakukan olahraga ini dengan waktu 45 menit setiap hari nya dapat membakar 300 sampai 350 kalori dalam tubuh.

Waktu yang tepat untuk olahraga ini yakni pada saat pagi hari, udara pagi hari masih segar dan belum terkena banyak polusi. 

3. Jogging

Jika, Anda sedang berpuasa lakukanlah jogging dengan intensitas ringan, kerana ketika berpuasa Anda tidak boleh meminum apapun sebelum waktu berbuka.

Jadi, lakukanlah dengan intensitas ringan untuk menghindari Anda mengalami dehidrasi dalam menjalankan puasa. 

Manfaat jogging antara lain yakni dapat membakar kalori dan meningkatkan hormon endorfin pada tubuh Anda. Lakukanlah jogging selama 20 menit, Anda bisa melakukannya setelah sahur.

4. Jalan santai

Jalan santai menjadi olahraga yang dapat Anda lakukan ketika sedang berpuasa. Olahraga jalan santai lebih ringan dibandingkan jogging, walaupun olahraga ini ringan tapi mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh Anda.

Jalan santai bermanfaat terutama untuk kesehatan jantung, otot-otot, dan tulang dalam tubuh.

5. Plank 

Plank adalah olahraga yang dapat Anda lakukan dirumah. Manfaat jika melakukan plank yakni dapat membantu mengencangkan otot perut dan melatih pernapasan Anda. Olahraga ini bisa menjadi aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika berpuasa.

Cara melakukan plank yakni ambil posisi badan tengkurap. Kemudian, angkat punggung dan pinggul sejajar, posisi ini hampir mirip dengan push up, ketika melakukan push up dengan posisi badan keatas. Tahan posisi pinggang dan pinggul selama 30 detik sampai 1 menit.

Simak waktu yang tepat dan tips olahraga ketika puasa:

Penting bagi Anda yang ingin melakukan olahraga saat sedang berpuasa memperhatikan asupan saat sahur dan berbuka. Ketika, makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh tidak seimbang maka tubuh akan mengalami beberapa masalah.

Oleh karena itu, perhatikan karbohidrat, protein, lemak dan cairan yang masuk dalam tubuh Anda, hal ini dilakukan untuk menghindari dehidrasi saat melakukan olahraga. 

Hal lain yang harus diperhatikan ketika hendak melakukan olahraga ketika berpuasa yakni waktu untuk melakukannya, Anda dapat melakukan olahraga pada waktu-waktu berikut:

1. 30 menit sebelum sahur

2. 30 menit sebelum berbuka puasa

3. Setelah berbuka puasa

4. 30 menit sebelum tidur (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro