David Bowie saat tampil di Vic Theater, Chicago, 19 September 1997. Bowie meninggal setelah 18 bulan bergelut dengan kanker. Kematiannya diumumkan di akun resmi Bowie di Twitter, 11 Januari 2016./Reuters-Sue Ogrocki
Musik

Musisi Inggris David Bowie Tutup Usia

Deandra Syarizka
Senin, 11 Januari 2016 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, INGGRIS -- Musisi legendaris  David Bowie meninggal  dunia dalam usia 69 tahun setelah perjuangan panjang melawan kanker selama 18 bulan. Padahal, bintang rock ini baru saja merilis album barunya pekan lalu.

Berita ini pertama kali dikabarkan melalui laman Facebook resmi rocker tersebut yang menyatakan,”David Bowie tutup usia dengan tenang, dan dikelilingi oleh keluarganya setelah berjuang dengan berani melawan kanker selama 18 bulan,”demikian dikutip dari situs Rollingstone, Senin (11/1/2016).

Dua hari sebelum kepergiannya, penyanyi ini baru saja melakukan rekaman terakhirnya, berjudul Blackstar. Rekaman tersebut mencerminkan ketertarikannya terhadap jazz dan hiphop.

Produser Tony Visconti mengatakan saat sesi rekaman tersebut,dia dan Bowie banyak mendengarkan musik Kendrick Lamar.

“Pada akhirnya kami tidak merekam apa pun yang terdengar seperti musik Kendrick Lamar, tetapi kami menyukai fakta bahwa Kendrick berpikiran sangat terbuka dan dia tidak melakukan rekaman hip hop. Dia mengeluarkan apa pun dalam rekamannya, dan itulah yang persis ingin kami lakukan. Tujuannya, dalam banyak cara adalah untuk menghindari rock and roll,” ujarnya.

Terlahir pada 8 Januari 1947, Bowie muncul pada akhir dekade enam puluhan sebagai salah satu vokalis yang paling segar dan tidak ada tanding di generasinya. Setiap album yang dirilisnya menawarkan kejeniusan, baik itu pada album glam rock dari The Rise and Fall of Ziggy Stardust and The Spiders from Mars, maupun album kejutan yang menandai kembalinya dia di 2012 bertajuk The Next Day.

Bowie juga dikenal sebagai aktor, dengan beberapa peran yang mengesankan pada film bertajuk The Man Who Fell to Earth, Labyrinth, The Hunger, Twin Peaks: Fire Walk With Me dan The Prestige.

Pertujukan teaterikal terakhirnya berjudul Lazarus, sebuah pertunjukan musical off Broadway yang meneruskan kisah karakter yang dia mainkan dalam film The Man Who Fell To Earth, lengkap dengan lagu-lagu karyanya di sepanjang karir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro