Ilustrasi/Sunrainey
Health

Tak Semua Penyakit Perlu Antibiotik

Reni Efita
Kamis, 21 Januari 2016 - 18:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Tidak semua jenis penyakit perlu ditangani dengan memberi antibiotik, penggunaan antibiotik semata hanya untuk mengobati penyakit yang disebabkan infeksi bakteri.

 “Perlu disadari  bahwa antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, bukan mencegah atau mengatasi penyakit akibat virus. Diperlukan kerjasama semua pihak untuk mengatasi masalah resistensi antibiotik  ini,” kata dr. Harry Parathon Sp.OG (K), Ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA) Kementerian Kesehatan, pada acara Pfizer Press Circle (PPC) di kawasan Jl. Wahid Hasyim, Kamis (21/1/2016).

Resistensi bakteri terhadap antibiotik yang dapat disebabkan oleh penggunaan antibiotik yang kurang tepat sudah menjadi masalah  di berbagai rumah sakit di Indonesia dan dunia, karena resistensi antibiotik dapat menyebabkan kematian. “Setiap minum antibiotik, pasti ada kuman yang resisten,” katannya.

Dari data WHO, pada 2013 terdapat sekitar 480.000 kasus baru multidrug-resistent tubercolosis (MDR-TB di dunia. Menurut perkiraan  di Indonesia  mencapai 135.000 orang meninggal per tahunnya akibat bakteri resisten itu. Angka tersebut  merujuk pada angka kematian di Thailand  yang ini saat ini mencapai 38.000 orang per tahun.

Penggunaan antibiotik yang bijak dan rasional, katanya, dapat menggurangi penyakit, khususnya penyakit infeksi. Sebaliknya, penggunaan antibiotik secara luas yang tidak sesuai indikasi, mengakibatkan meningkatnya resistensi antibiotik secara signifikan.

 Resistensi antibiotik dapat menyebabkan kematian, karena antibiotik tidak lagi bisa membunuh bakteri penyebab penyakit.

Penyakit  diare atau flu tidak perlu mengkonsumsi antibiotik. Kalau diare, katanya,  cukup dengan minum oralit, kalau diberikan antibiotik akan mengakibatkan bakteri baik juga mati.

Sedangkan untuk flu tidak cocok diberikan antibiotik, karena flu disebabkan virus bukan bakteri.

Operasi lainnya yang tidak perlu diberi antibiotik pengankatan tumor (tiroid), operasi caesa, pencabutan  gigi, operasi tumor payudara. Sunat atau operasi amandel,  cacar air, sakit gondok, batuk filek, demam berdarah, atau luka-luka kecil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro