Ilustrasi/Uthmag
Relationship

6 Hal Perlu Dipersiapkan Sebelum Wawancara Kerja

Andhina Wulandari
Senin, 1 Februari 2016 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Akhirnya Anda menerima panggilan wawancara untuk pekerjaan yang diidam-idamkan. Namun, jangan cuma bersemangat datang untuk wawancara, Anda juga harus mempersiapkan segalanya supaya wawancara dapat berjalan lancar.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum wawancara kerja.

1. Cari tahu tentang perusahaan yang akan mewawancarai Anda secara menyeluruh. Bergerak di bidang apa, apa saja produknya, siapa pemimpin perusahaannya, dan siapa kompetitornya adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

2. Berlatihlah wawancara. Ajak teman atau keluarga untuk membantu Anda berlatih melakukan wawancara. Cara ini juga dapat mengantisipasi perasaan gugup saat Anda diwawancara nanti.

3. Siapkan beberapa pertanyaan yang hendak Anda tanyakan. Biasanya pewawancara akan menanyakan Anda di akhir wawancara. Pertanyaan yang Anda lontarkan tersebut sekaligus membuktikan seberapa besar minat Anda terhadap pekerjaan tersebut. Namun, sebaiknya hindari pertanyaan seputar gaji pada wawancara pertama, kecuali jika hal itu disinggung terlebih dulu oleh pewawancara.

4. Bicara kepada orang yang sedang atau pernah bekerja di perusahaan tersebut, sehingga Anda tahu apa saja seluk-beluk perusahaan dan bisa menimbang apakah perusahaan itu cocok dengan Anda.

5. ngat nama orang yang akan mewawancarai Anda. Jangan sampai saat sampai di perusahaan tersebut untuk wawancara, Anda lupa harus bertemu dengan siapa.

6. Persiapkan Curriculum Vitae (CV), ijazah, surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya, dan portofolio pekerjaan (jika ada) sehari sebelumnya serta masukkan dalam amplop tertutup. Walaupun tidak diminta oleh pihak perusahaan karena Anda sudah pernah mengirimkannya, tidak ada salahnya membawa cadangan seandainya nanti pewawancara memintanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Ehow
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro