CEO & Co-founder Berrykitchen.com Chynthia Tenggara (kiri) dan COO Berrykitchencom Ivan De Putra (kanan) bersama tim dapur
Kuliner

Kunci Sukses Bisnis Katering versi Berrykitchen.com

Azizah Nur Alfi
Jumat, 12 Februari 2016 - 10:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis katering online terhitung menjanjikan, khususnya di kota besar seperti Jabodetabek. Potensi ini yang juga dilihat Cynthia Tenggara saat mendirikan Berrykitchen.com pada 2012.

Berrykitchen menawarkan paket Katering Makan Siang, Ready to Eat, dan Ready to Cook. Dengan paket Ready to Eat dan katering makan siang, para pelanggan tidap perlu repot untuk membeli makanan idaman ke luar rumah atau kantor.

Begitu pula dengan paket Ready to Cook, pelanggan tetap bisa memasak sendiri di rumah tanpa harus repot menyiapkan bahan masakan. Sebab, Ready to Cook berisi bahan-bahan yang siap masak menjadi hidangan lezat.

Cynthia mengawali usaha katering online dengan 3 karyawan di dapur seluas 100 meter persegi, dengan pengiriman 30-40 pack setiap harinya. Saat ini, Berrykitchen.com bisa mengirimkan makanan ke 2.000 eksekutif muda di Jakarta.

Apa rahasia kunci sukses bisnisnya?

Menurutnya, yang utama jangan pantang menyerah dan cepat putus asa. "Jaga kualitas produk, yang nantinya promosi akan berjalan sendiri dari mulut ke mulut," katanya.

Ivan De Putra, COO Berrykitchen.com, menuturkan kunci sukses bisnis katering diantaranya masakan harus enak dan memiliki variasi menu, serta menjaga standar kebersihan.

Untuk memastikan standar kebersihan makanan yang lebih ketat, tim dapur harus memiliki pengetahuan mengenai food hygiene dan melakukan standar prosedur operasi (SOP).

Salah satu SOP yang harus ditaati karyawan seperti, memastikan sepatu karyawan bersih ketika memasuki area dapur, menggunakan masker dan hairnet, serta berganti baju seragam sesuai dengan ketentuan Suku Dinas Kesehatan.

Para tim dapur juga diharuskan mencuci tangan sesering mungkin, terutama jika tangan berpindah dari makanan mentah ke makanan yang sudah matang. "Selain tasty dan fresh, makanan idealnya menggunakan bahan yang bersih dan aman untuk dikonsumsi," sarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro