Pulau jeju/bloomberg
Show

Wakili Indonesia, 7 Penari Bawakan Obor Festival Api Jeju

Newswire
Minggu, 6 Maret 2016 - 08:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tujuh penari Indonesia turut serta membawakan obor dalam Jeongwol Daeboreum Fire Festival 2016 di Pulau Jeju, Korea Selatan.

Salah seorang penari Indonesia, Etty Marisandy, dalam acara puncak festival api di Jeju, Sabtu (5/3/2016) mengatakan pihaknya diminta untuk mengarak dan menyalakan obor sebagai perwakilan dari tiap negara.

"Saya sangat senang sekali sekaligus bangga dapat menjadi bagian di event yang bagus ini, meskipun cuaca di sini sangat dingin," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (6/3/2016).

Berdasarkan pantauan, cuaca di lokasi festival bersuhu 18 derajat Celsius dengan angin kencang dan hujan. Namun, festival yang membakar bukit atau "oreum" itu tetap berjalan dengan lancar.

Penari Indonesia juga terlibat dalam promosi pariwisata Indonesia dengan menampilkan sejumlah tarian serta kostum khas daerah.

Tujuh penari membawakan tiga tarian tradisional, yaitu Sekar Jagat dari Bali, Tari Piring Sumatera Barat, Nandak Ganjen dari Betawi, dan satu tari kreasi yang bertemakan slogan Kemenpar, yakni "Wonderful Indonesia".

Sementara itu, untuk peragaan kostum menampilkan kostum bunga sebagai lambang Kota Malang dan burung garuda sebagai Lambang Negara Indonesia.

Berdasarkan pantauan, perhatian penonton tertuju pada tari-tarian Indonesia yang beragam, setelah sebelumnya hanya diisi oleh kesenian modern, seperti dansa salsa dan bernyanyi pop.

Ditambah, beberapa warga Korea selatan ada yang menyerukan "Indonesia..Indonesia" dan ada yang memberi camilan berupa snack cokelat kepada para penari di panggung.

Selain itu, lanjut dia, kostum penari dan karnaval yang sangat khas mampu mengalihkan perhatian pengunjung untuk fokus ke panggung.

Para penari dan peraga kostum pun melakukan parade sambil membagikan brosur informasi mengenai pariwisata Indonesia.

Sementara itu, peraga kostum Patricia Dwi Septiani berharap dapat menyampaikan penampilannya sebagai promosi baik ke luar maupun dalam negeri.

"Di Indonesia sendiri juga belum banyak mengenal banyak karnaval, jadi saya harap bisa menginformasikan baik ke dalam maupun ke luar," kata guru sekaligus dosen seni budaya di salah satu universitas di Malang itu.

Keikutsertaan Indonesia dalam festival tersebut dalam rangka menarik minat wisman Korea Selatan yang ditargetkan pada tahun ini sebanyak 400.000 pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro