Berupaya menambah anggota sehingga memadai untuk sebuah gerakan kembali ke jati diri bangsa.
Fashion

Komunitas Cinta Berkain Dorong Kaum Urban Lirik Produk Nusantara

Reni Efita
Rabu, 23 Maret 2016 - 18:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Komunitas Cinta Berkain merayakan hari ulang tahun kedua dengan memamerkan beragam kain tradisional Indonesia dari berbagai daerah di Tanah Air di Golf Gallery Padang Golf Lt. 3, Pondok Indah, Rabu (23/3/2016).

Kain tradisional yang dipamerkan itu berupa bermacam kain tenun songket dari banyak daerah dan kerajinan tangan unik ciri khas dari berbagai daerah di Nusantara. Tujuan pameran ini untuk memasarakatkan kain tradisional kepada penduduk perkotaan.

Sitahani H. Agustanzil, Ketua Umum Komunitas Cinta Berkain (KCB), mengatakan komunitas yang didirikannya memiliki visi untuk memperkuat jati diri bangsa.

“KCB meyakini bahwa dengan cinta berkain Nusantara akan mengukuhkan identitas bangsa, di mana suatu bangsa yang besar harus memiliki jati diri yang kokoh dan ditunjang dengan identitas bangsa yang melekat di setiap warganya,” kata Sitahani, Rabu (23/3/2016).

Komunitas ini juga akan memberikan perhatian khusus kepada para perajin kain. Bila semakin banyak kain Nusantara digunakan untuk busana sehari hari maka akan berpengaruh positif pada para perajin.

Organisasi tersebut juga berupaya menambah anggota sehingga memadai untuk sebuah gerakan kembali ke jati diri bangsa. Dia mengklaim anggotanya mencapai 1.200 orang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Bandung, Bogor, Malang, Surabaya, Bali dan berhasil mengembangkan sayap hingga San Fransisco, Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro