Patty Duke/wikimedia commons
Entertainment

Aktris Peraih Oscar Patty Duke Meninggal Dunia

Newswire
Rabu, 30 Maret 2016 - 09:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Aktris Amerika pemenang Oscar Patty Duke, dikenal luas dari acara televisi 1960-an "The Patty Duke Show", meninggal dunia pada usia 69, Selasa, kata perwakilannya pada Reuters.

Duke meninggal pada Selasa pagi di Coeur d'Alene, Idaho karena keracunan darah akibat usus pecah, kata juru bicara Mitchell Stubbs.

"Dia adalah istri, ibu, nenek, teman dan advokal kesehatan mental serta ikon budaya. Dia akan dirindukan," kata Stubbs.

Dilahirkan dengan nama Anna Duke di New York pada 1946, sang aktris mulai bekerja sejak kecil dengan membintangi iklan, televisi dan berakting di panggung.

Dia meraih pemeran pendukung terbaik dalam penghargaan Oscar berkat perannya sebagai penulis tuna rungu-tuna netra dan aktivis Helen Keller dalam "The Miracle Worker" (1962) pada usia 16, kemudian dia meraih Emmy karena berperan Annie Sullivan film televisi berjudul sama tahun 1979.

Hellen Keller Services, kelompok yang berdedikasi meningkatkan kehidupan orang-orang yang kehilangan penglihatan serta pendengaran turut berduka cita atas kepergian Duke.

"Penampilannya di The Miracle Worker membawa semangat Helen Keller dalam hidup dan menginspirasi generasi untuk bekerja membantu komunitas buta-tuli," kata organisasi dalam pernyataan.

Sang aktris juga membintangi sitkomnya berjudul "The Patty Duke Show" dari 1963-1966, juga berperan di "Valley of the Dolls" (1976).

Dia kemudian menjadi presiden dari Screen Actor's Guild pada 1980-an, juga menjadi advokat kesehatan mental setelah didiagnosa bipolar pada 1982.

Dia menikah empat kali dan memiliki tiga anak, termasuk aktor "Lord of the Rings" Sean Astin dan aktor "The Facts of Life" Mackenzie Astin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro