Kerapuhan kulit telur menarik bagi saya. /Bisnis.com
Show

EGGSTRAVAGANZA: Telur Mewah Karya Farha Sayeed

Tisyrin Naufalty Tsani
Minggu, 3 April 2016 - 18:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada Maret lalu, seniman asal India Farha Sayeed kembali menggelar pameran bertajuk The Easter Eggstravaganza di Chicago, Amerika Serikat. Seniman yang dikenal terampil menyulap telur menjadi karya seni yang indah ini memamerkan karya terbarunya.

Bahan utama telur dia ubah dengan beragam bentuk. Mulai dari satu set teko dan cangkir, kereta bayi, kereta Sinterklas, dan beragam karya lainnya. Di tangan Sayeed, telur yang sangat rapuh diukir dengan beragam motif. Ketertarikan Sayeed di dunia seni dimulai dari kepandaiannya menggambar.

Beragam sketsa pensil, lukisan arang, lukisan kaca, dan lukisan sutra telah dihasilkannya. Bosan dengan media lukis yang konvensional, Sayeed mulai bereksperimen melukis di atas telur. Dari melukis di atas telur akhirnya dia mulai mengukir telur. Proses ini dimulai sejak 17 tahun yang lalu. Seniman yang satu ini juga konsisten untuk menggunakan telur yang dijual dari peternakan, dan bukan telur yang diambil dari alam bebas.

Seniman anggota the International Egg Art Guild tersebut dikenal sangat antusias dalam menciptakan benda-benda seni bergaya Faberge atau telur hias yang eksotis dari kulit telur burung unta, angsa, emu, bebek, kalkun, dan lain sebagainya. Dia juga menjadi seniman yang mempelopori motif ala India, baik yang berbau Islam maupun Hindu untuk diterapkan pada cangkang telur.

EGGSTRAVAGANZA: Telur Mewah Karya Farha Sayeed

Pada proses pembuatannya, setiap cangkang telur melalui berbagai proses sehingga dapat berubah menjadi indah. Dia menggunakan berbagai teknik mulai dari memotong, mengukir, mencelup, dan menghias dengan tangan. Telur kemudian diberi mutiara, manik-maik, kristal, brokat, beludru, satin, tali emas hingga rantai berlian imitasi, yang membuat masing-masing telur terlihat berbeda. Telur-telur diperkuat dengan polimer cair untuk mencegah pecah.

“Kerapuhan kulit telur menarik bagi saya sebagai media yang unik untuk menguji kreativitas. Saya bisa beralih dengan mudah dari seni lainnya ke seni menghias kulit telur dengan ruang lingkup yang tampaknya tak terbatas,” kata seniman yang juga istri Konsul Jenderal India di Chicago Ausaf Sayeed seperti dikutip dari indianexpress.com.

Hasil penjualan dari pameran The Easter Eggstravaganza di Amerika ini disalurkan ke America-India Foundations Maternal and New Born Survival Initiative (MANSI). Sebelumnya, Sayeed terlebih dahulu menggelar pameran tunggal telur-telur cantiknya di Copenhagen, Denmark, Jeddah, Arab Saudi, New Delhi, India, Yaman, dan Dallas, Amerika Serikat.()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (3/4/2016)
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro