Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Sarajevo Luncurkan Mural David Bowie Pahlawan Bosnia

Sekelompok seniman membuka selubung lukisan dinding (mural) bergambar David Bowie di Sarajevo, Sabtu (28/5/2016) waktu setempat, untuk mengenang karya kemanusiaan artis Inggris itu dalam perang Bosnia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Mei 2016  |  12:03 WIB
Warga Sarajevo Luncurkan Mural David Bowie Pahlawan Bosnia
Mural mendiang David Bowie diluncurkan di Sarajevo, Bosnia, 28 Mei 2016, saat warga mengenang aktivitas kemanusiaan musisi asal Inggris itu saat perang Bosnia. - Reuters/Dado Ruvic

Kabar24.com, SARAJEVO -  Penyanyi Inggris, mendiang David Bowie ditempatkan bagai pahlawan oleh warga Bosnia.

Sekelompok seniman membuka selubung lukisan dinding (mural) bergambar David Bowie di Sarajevo, Sabtu (28/5/2016) waktu setempat, untuk mengenang karya kemanusiaan artis Inggris itu dalam perang Bosnia.

Suara Bowie dalam lagu Space Oddity berkumandang di antara lebih dari 300 orang yang menghadiri peresmian lukisan dinding tersebut yang disertai tulisan "mode berubah, tetapi kamu tetap pahlawanku".

Mural setinggi 13 meter dan lebar 10,5 meter itu dilukis di dinding kampus, tidak jauh dari jalan yang dulu dikenal sebagai "lorong penembak runduk" dan dimaksudkan menjadi lambang perubahan Bosnia sejak perang 1992-1995 berakhir.

Skets lukisan dikerjakan oleh ilustrator komik Marvel, Enis Cisic dan diubah menjadi lukisan dinding oleh pelukis Zoran Herceg, yang memerlukan waktu satu bulan setengah untuk menyelesaikannya.

Rencana untuk mengabadikan David Bowie yang meninggal akibat kanker dalam usia 69 tahun pada 10 Januari 2010, pertamakali diusulkan oleh musisi Vedad Trbonja.

Proyek tersebut didukung ribuan warga Bosnia yang banyak mengunggah foto-foto bergaya seperti Bowie di media sosial, termasuk juga rekan kerja Bowie.

Bowie tergerak melihat penderitaan warga Bosnia dan menggunakan ketenarannya untuk membangkitkan kesadaran mengenai perang dan menggalang dana kemanusiaan, meskipun ia sendiri tidak mengunjungi Sarajevo.

"Ini adalah cara untuk menghargai Bowie sebagai seniman dan sosok kemanusiaan dan mengabadikannya di kota yang belum sempat menyambutnya," kata Adnan Comor, juru bicara kelompok yang menangani proyek untuk tim Sarajevo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bosnia-Herzegovina David Bowie

Sumber : Antara/Reuters

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top