Health

TIPS PUASA: Pentingnya Nutrisi Saat Makan Sahur

Reni Efita
Kamis, 23 Juni 2016 - 13:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Pembahasan tentang  makan sehat waktu berbuka puasa dan sahur sudah sering dibahas, namun masih banyak orang yang menerapkan cara yang kurang sehat.

Secara kesehatan, kata ahli gizi  Emilia Achmadi, MS, RD, waktu berbuka dimulai dengan minum manis yang hangat untuk menstater mesin organ tubuh yang selama sehari tidak diisi dengan makanan.  “Hindari waktu berbuka puasa langsung makan berat, karena dapat memperberat kerja organ,” kata Emilia pada acara workshop Tetap Sehat Setelah Ramadan bersama Greenfields di kawasan Kuningan, Rabu (22/6/2016).

Sebelum tidur, katanya, minum susu segar, karena susu mengandung protein, vitamin B komplek yang juga berfungsi untuk merilekskan otot-otot.

Emilia menegaskan  tentang pentingnya gizi makanan waktu sahur, tapi banyak  orang  kurang memperhatikan asupan gizinya, mungkin karena  belum tahu manfaatnya  terhadap kesehatan.

Pada hal sahur, kata Emilia, lebih penting dari pada berbuka, karena selama tidur tidak ada asupan makan dan ditambah lagi pada siang hari tidak makan,  sehingga terlalu lama perut kosong. Mengakibatkan pada waktu berbuka makannya banyak yang bisa melebihi kapasitas, sehingga organ tubuh dipaksa bekerja berat.

Asupan gizi makana sahur juga diperhatikan seperti karbohidrat,  sumber serat  dari buah dan sayuran, harus ada protein telur atau segelas susu dan segelas air putih.

Waktu sahur, katanya, penting minum susu , karena susu memberikan asupan  protein yang membantu meningkatkan tenaga, membuat perut terasa kenyang lebih lama dan susu juga berfungsi untuk membakar lemak yang tertimbun  di dalam tubuh. “Hal ini banyak yang tidak tahu pentingnya minum susu waktu sahur,” kata Emilia.

Sementara di pasar banyak ragam pilihan susu dengan teknologi pengolahan yang berbeda-beda.  Seperti susu segar, susu  UHT, susu bubuk, susu kental manis.  Di antara jenis susu itu, katanya, susu  segar merupakan susu yang paling tinggi gizinya bila selama proses pengolahannya menjaga kandungan  nutrisi dan kesegarannya.

Untuk mensukseskan gaya hidup sehat yang berkelanjutan, kata Emilia, dibutuhkan perubahan yang menyeluruh, dimulai dari niay yang kuat dan disiplin terhadap diri sendiri, konsisten menerapkan gaya hidup sehat mulai dari asupan nutrisi yangbaik, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga.

Konsumsi susu dapat mendukung gaya hidup sehat, karena di dalam susu terdapat banyak  vitamin  dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti kandungan yodium dan seng dapat meningkatkan performa otak, potasium dapat menjauhkan penyakit darah tinggi dan jantung, tyrosine untuk pembentukan hormon kegembiraan dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.  “Minum susu juga dapat mengatasi kram otot, dan  baik untuk jantung,” kata Emilia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro