Inilah Cerita Rudy Habibie Dalam Buku

Film Rudy Habibie diadaptasi dari buku berjudul Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner karya Gina S Noer.
Azizah Nur Alfi | 26 Juni 2016 08:51 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Antusiasme penonton terhadap film Rudy Habibie, yang merupakan film prekuel Habibie & Ainun, dirasakan jauh sebelum filmnya resmi rilis pada Kamis (30/6) depan.

Bagi Anda yang penasaran dengan jalan ceritanya, ada baiknya membaca buku yang diadaptasi ke dalam film tersebut.

Film Rudy Habibie diadaptasi dari buku berjudul Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner karya Gina S Noer.

Berikut sekelumit dari buku tersebut:

Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner, merupakan karya kedua yang bertutur seputar kehidupan Presiden Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie, setelah kesuksesan Habibie & Ainun (2010).

Jika Habibie & Ainun ditulis langsung oleh Bacharuddin Jusuf Habibie, maka Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner ditulis oleh Gina S Noer.

Karya sastra ini diangkat ke layar lebar oleh MD Pictures, mengikuti jejak pendahulunya yang telah difilmkan dan sukses mengeruk 4,7 juta penonton.

Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner berisi kisah yang belum sempat diceritakan pada Habibie & Ainun. Rudy, merupakan kisah perjalanan seorang anak yang masih belia hingga tumbuh dewasa yang disusun dari cerita BJ Habibie.

Dalam buku setebal 291 halaman, penulis berhasil menampilkan biografi seorang tokoh genius dengan alur cerita yang runut dan menarik, serta gaya bahasa yang mudah dipahami.

Jika beberapa karya biografi tampil serius, maka buku ini menyajikan kisah yang membuat pembacanya terharu dan ada pula kisah yang membuat pembacanya tertawa geli.

Gina S Noer membuka halaman pertama dengan cerita pengalaman Rudy pada penerbangan pertamanya menuju Amsterdam dengan menggunakan pesawat maskapai Koninklijke Luchtvaart di 1955.

Pengalaman yang menguras otaknya karena membayangkan dirinya berada dalam burung besi seberat 54.431 kg di ketinggian sekitar 26 ribu kaki serta mampu membawa 50-an penumpang di dalamnya.

Penerbangan selama lima hari yang akan membawanya meraih gelar Doctor Ingenieur Fakultas Teknik Mesin Departemen Desain dan Konstruksi Pesawat di Universitas Teknik Aachen.

Buku ini bukan berisi kisah lelaki yang karena faktor kekayaannya kemudian bisa menjadi seseorang yang hebat. Namun, Rudy terbentuk dari tempaan pola pendidikan orang tuanya, kegemaran membaca dan mengajukan pertanyaan, serta rasa penasaran yang tak pernah dianggap sepele.

Keingintahuan yang terus dipupuk dan tumbuh berkembang di atas pondasi disiplin dan agama yang kuat.

Bahkan, keingintahuan Rudy kecil sempat membuat Mami-Papinya cemas tak terkira. Saat Rudy meniup karet yang ditemukan di tepi pelabuhan sebagai model balon udara, yang ternyata adalah adalah sebuah kondom bekas pakai.

Kisah balon udara yang memanjang setelah ditiup itu, berawal dari rasa penasaran setelah membaca cerita tentang model balon udara diperoleh dari buku Jules Verne miliknya. (halaman 25-29).

Di balik kegeniusan Rudy, juga terdapat campur tangan cara mendidik kedua orangtuanya hingga terbentuk pribadi yang visioner. Pola pendidikan yang diperoleh Rudy dan enam saudaranya yang lain adalah perpaduan tradisi Islam-Jawa-Belanda. Perpaduan yang membuat mereka tumbuh dalam disiplin tinggi dan juga berpikiran terbuka.

 

Buku ini sarat dengan pemikiran dan pesan untuk calon orang tua yang kelak mendidik anak-anaknya. Gaya bercerita yang runut dan menarik tidak lepas dari latar belakang Gina S Noer sebagai penulis skenario untuk film layar lebar.

Beberapa karyanya a.l. film Perempuan Berkalung Sorban, Ayat-Ayat Cinta, Hari untuk Amanda, dan Habibie & Ainun.

Judul Buku: Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner
Penulis: Gina S Noer
Penerbit: PT Bentang Pustaka
Cetakan Pertama: September 2015
Halaman: 291 halaman
ISBN: 978-602-291-111-1

Tag : buku
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top