Ilustrasi/Webmd
Health

HARI ANAK NASIONAL: Pentingnya Peran Orangtua Agar Anak Tak Konsumtif

Azizah Nur Alfi
Sabtu, 23 Juli 2016 - 11:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli tahun ini, hendaknya menjadi momentum untuk melindungi seluruh anak di negeri ini. Salah satunya, dari paparan prilaku konsumerisme seperti gadget maupun fesyen.

Psikolog RaQQi-Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi, mengatakan role model menjadi yang terpenting dalam mendidik anak agar tidak terpapar prilaku konsumerisme. Dalam keluarga, orangtua adalah pihak yang harus memberi contoh. "Sehingga, ketika orangtua tidak ingin membentuk anak yang konsumtif, maka yang paling penting adalah tidak memberikan contoh pada anak," tuturnya kepada Bisnis, Jumat (22/7) malam.

Selain itu, anak juga perlu diberi pemahaman antara makna kebutuhan dan keinginan. Anak juga diberi pengetahuan tentang sebuah produk yang dia inginkan. "Dengan demikian, anak belajar bahwa ada proses yang harus dilalui sebelum mendapatkan barang yang diinginkan," imbuhnya.

Yang tidak kalah penting dalam pola pengasuhan adalah konsistensi pada orangtua. "Jangan sampai anak rewel sedikit, orangtua menjadi kendor. Itu yang banyak terjadi," pesannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro