Kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar./Ilustrasi-Pelindo III Cabang Benoa
Travel

Hari Nusantara di NTT Bakal Gaet Yachter dari Berbagai Negara

Ropesta Sitorus
Senin, 22 Agustus 2016 - 19:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Para yachter dari berbagai negara bakal ikut menghadiri rangkaian even Hari Nusantara 2016 yang akan digelar di Lembata, Nusa Tenggara Timur, pada Desember 2016.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan kunjungan wisatawan ke NTT tahun lalu mencapai 2,8 juta. Sedangkan yang berkunjung ke Kabupaten Lembata sekitar 5.000 wisatawan, termasuk 1.000 wisman yang sebagian adalah para yachter dunia.

“Para yachter akan diundang dalam event Wonderful Sail 2 Indonesia sebagai core event Hari Nusantara 2016. Yang akan berpartisipasi di antaranya yachter dari Lithuania, Amerika Serikat, Jerman, Filipina, Australia, Belanda, Inggris, Prancis, dan Selandia Baru,” kata Arief Yahya, di Jakarta, Senin (22/8).

Arief menjelaskan provinsi NTT memiliki potensi alam, budaya, dan daya tarik buatan manusia yang kuat. Salah satunya Pulau Komodo sebagai destinasi kelas dunia dan tradisi berburu paus di Lamalera, Kabupaten Lembata yang menarik wisatawan dunia.

"Kabupaten Lembata menjadi titik labuh favorit bagi wisatawan yachter dunia dan tren kunjungan yacht ke sini terus meningkat,” tuturnya.

Puncak Hari Nusantara 2016 yang tahun ini mengangkat tema "Tata Kelola Potensi Maritim Nusantara yang Baik Menuju Poros Maritim Dunia" dan sub tema "Dari Lembata Nusa Tenggara Timur Membangun Potensi Maritim Nusantara" bakal dilakukan pada 13 Desember.

Event ini bakal dijadikan sebagai momentum untuk mempromosikan pariwisata NTT. Labuan Bajo yang ada di NTT termasuk salah satu destinasi ’10 Bali Baru’ yang diprioritaskan pemerintah demi merealisasikan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara dan 270 juta wisatawan nusantara pada 2019. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro